Ranting Pohon Bisa Jadi Penyebab Korsleting dan Mati Listrik, Begini Penjelasan PLN Surabaya

Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Surabaya Selatan secara rutin memangkas ranting-ranting pohon besar di Surabaya.

Ranting Pohon Bisa Jadi Penyebab Korsleting dan Mati Listrik, Begini Penjelasan PLN Surabaya
TRIBUNJATIM.COM/LUHUR PAMBUDI
Petugas Tim Right of way (ROW) sedangkan lakukan pemangkasan pohon yang menggelayuti kabel listrik di sepanjang Jalan Wonokromo, Rabu (20/3/2019) 

Laporan Wartawan TribunJatim.com,  Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Surabaya Selatan secara rutin memangkas ranting-ranting pohon besar di Surabaya.

Terakhir mereka merapikan ranting pohon yang menggelayuti kabel listrik di sepanjang, Jalan Wonokromo atau tepatnya di sisi barat Stasiun Wonokromo, Rabu (20/3/2019).

Nur Huda Manager Area Layanan PT Haleyora Powerindo (HPI) menuturkan, pihaknya harus menerjunkan sekitar 25 petugas Right of Way (ROW) atau petugas rabas-rabas.

Tidak hanya merapikan pohon agar tak gampang tumbang, Nur Huda menyebut ranting-ranting yang menggelayuti kabel berpotensi mengganggu aliran listrik.

(Akibat Kios Terbakar di Kota Malang, Aliran Listrik di Sepanjang Jalan Laksmana Martadinata Padam)

(ITS Surabaya Rancang Inovasi Alat Penggerak Tram Listrik selama Enam Bulan)

"setelah kami melakukan inspeksi dan analisa terkait penyebab matinya listrik, ternyata yang mendominasi adalah pohon tersebut," katanya saat ditemui TribunJatim.com, Rabu (20/3/2019).

Terkadang pepohonan yang berusia tua,  yang ukurannya relatif besar dan tinggi berpotensi menyentuh dan menggelayuti kabel listrik.

Saat ranting pohon menyentuh kabel, potensi terjadinya korsleting listrik sangat besar.

"Biasanya di pohon yang bersentuhan dengan kabel tampak ada bekas terbakar. Jadi kalau malam hari kita bisa lihat akan muncul percikkan api," lanjutnya.

Bila korsleting listrik itu terjadi di sebuah rumah,  mungkin tidak terlalu berbahaya, karena sudah ada sistem penghambat aliran listrik.

Halaman
12
Penulis: Luhur Pambudi
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved