Menjajaki Trek Menantang di Air Terjun Coban Jidor Kabupaten Malang, Surganya Para Traveler

Kecamatan Jabung merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Malang yang memiliki banyak wisata air terjun potensial, satu di antaranya Coban Jidor.

Menjajaki Trek Menantang di Air Terjun Coban Jidor Kabupaten Malang, Surganya Para Traveler
SURYA.CO.ID/ERWIN WICAKSONO
Air terjun Coban Jidor di Kecamatan Jabung Kabupaten Malang 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Kecamatan Jabung merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Malang yang memiliki banyak wisata air terjun potensial, satu di antaranya Coban Jidor.

Lokasi Coban Jidor terletak di Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung. Sebelum mengujungi lokasi wisata ini, wisatawan harus mempersiapkan kondisi fisik yang prima.

Karena jalanan menuju Coban Jidor cukup ekstrim dan menguras tenaga. Hanya pejalan kaki dan pengendara motor yang dapat mengakses jalur menuju Coban Jidor.

Setelah menitipkan sepeda motor di pos penitipan, wisatawan akan disuguhi trekking sepanjang kurang lebih 1 kilometer.

Kondisi jalan masih jalan setapak. Perlu berhati-hati dan mawas diri. Sebab, pengunjung melewati jalur yang langsung berpapasan dengan tebing dan jurang.

Tepis Hoaks Tsunami dan Gempa Bumi, Pengelola Pantai Balekambang Berbenah untuk Tingkatkan Wisatawan

Pesona Pantai Balekambang, Hoax Tsunami Membuat Pantai Sepi Pengunjung saat Libur Panjang

Tapi, rasa lelah akan terbayar, sepanjang mata memandang pemandangan mempesona dengan berjajar pohon rindang sungguh menyejukkan mata. Setelah melewati tanjakan, riuh gemuruh air terjun sudah terdengar. Pertanda air terjun sudah dekat. 

Agar lebih afdol, pengunjung bisa menuju cekungan mirip gua yang berada di tepi air terjun. Pemandangan dan kesegaran air yang tersaji sungguh tak bisa diungkapkan keindahannya.

Menyadari adanya potensi besar pada Coban Jidor, Camat Jabung Hadi Sucipto menuturkan, Coban Jidor merupakan salah satu dari sekian banyak air terjun di Kecamatan Jabung yang paling menguji adrenalin.

Di Kecamatan Jabung sendiri terdapat banyak air terjun seperti, Coban Jahe, Coban Siuk, Coban Tarzan, dan lainnya.

"Memang dari beberapa coban (air terjun), ini (Coban Jidor) yang paling menantang. Kesana itu harus naik jalan mendaki dulu," tutur Hadi.

Hadi menambahkan, agar Coban Jidor semakin dikenal, pihaknya bersama pemerintah desa kerap melakukan pendampingan bersama Pokdarwis Desa Ngadirejo.

Kemudian, supaya pengunjung bisa betah berlama-lama, warga di desa setempat juga menyediakan homestay bagi para pengujung.

Dengan konsep live in, wisatawan bisa merasakan sensasi berbeda berwisata di Desa Ngadirejo. Sembari menikmati kuliner setempat.

Agar semakin berkembang, Hadi menyarankan agar para pengelola wisata di Kecamatan Jabung bisa bersinergi, untuk gencar melakukan promosi wisata yang mereka miliki.

"Termasuk dalam hal aksesibilitas, kami akan koordinasikan dengan pemerintah desa maupun pemkab agar bisa menjadi perhatian," bebernya

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved