Per 1 April Bisa Pesan Tiket Mudik Balik Gratis, Segera Pesan Tiket Angkutan Lebaran

Kedua relasi KA itu adalah KA Probowangi jurusan Banyuwangi - Surabaya Gubeng, dan KA Tawangalun jurusan Banyuwangi - Malang.

Per 1 April  Bisa Pesan Tiket Mudik Balik Gratis, Segera Pesan Tiket Angkutan Lebaran
Nuraini Faiq/surya
Ribuan warga antre tiet kereta api di DTC Surabaya 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - PT KAI Daerah Operasional (Daop) 9 Jember menyediakan dua relasi kereta api untuk program mudik dan balik gratis Lebaran 2019.

Kedua relasi KA itu adalah KA Probowangi jurusan Banyuwangi - Surabaya Gubeng, dan KA Tawangalun jurusan Banyuwangi - Malang.

Program mudik dan balik gratis ini merupakan program kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan PT KAI. Kedua relasi KA itu melayani angkutan gratis mulai 7 - 10 Juni 2019, atau selama empat hari.

Untuk angkutan KA gratis Lebaran 201i, PT KAI Daop 9 menyiapkan 4.240 tempat duduk, dengan rincian 2.120 tempat duduk KA Probowangi dan 2.120 tempat duduk KA Tawangalun.

Jumlah tempat duduk Lebaran tahun 2019 meningkat dibanding Lebaran tahun 2018 yang berjumlah 3.000 tempat duduk.

Manajer Humas PT KAI Daop 9 Jember Luqman Arif, pemesanan tiket angkutan gratis KA itu bisa dilakukan mulai 1 April 2019.

Awal Ramadan, Belum Ada Lonjakan Signifikan Pemesanan Tiket Lebaran 2017

Empat Pelajar di Jombang Jadi Komplotan Curanmor

"Mulai 1 April 2019, pemesanan tiket mudik dan balik gratis sudah bisa dilakukan," ujar Luqman, Senin (1/4/2019).

Syarat pemesanan, calon penumpang bisa membeli tiket di stasiun yang dilewati oleh rute KA Probowangi dan KA Tawangalun.
"Pemesan wajib menyertakan foto kopi KTP atau Kartu Keluarga atau KTM dan Kartu Pelajar dan mengisi formulir pemesanan yang telah disediakan," imbuh Luqman.

Satu pemesanan maksimal untuk empat tiket. Tiket yang sudah dibeli tidak bisa dibatalkan atau dialihkan kepada orang lain. Pemesanan tiket mudik dan balik gratis dilayani mulai pukul 09.00 - 16.00 Wib.

"Tiket KA balik gratis tidak bisa dipesan melalui aplikasi KAI Acces, online ataupun Channel eksternal lainnya," lanjut Luqman.

Luqman menambahkan, selain menyilahkan masyarakat berburu tiket gratis, Luqman juga mengingatkan jika tiket KA untuk angkutan Lebaran 2019 sudah bisa dipesan.

"Untuk angkutan Lebaran 2019 sudah bisa dipesan, jadi sebaiknya memesan jauh hari," tegas Luqman.

Berdasarkan kalender nasional, hari raya Idul Fitri di tahun 2019 ini akan jatuh pada 5 - 6 Juni. Para calon penumpang dapat memesan tiket mulai H-90 sebelum keberangkatan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, gerai, minimarket, jaringan PPOB, website dan mobile apps yang dikelola oleh mitra yang telah bekerja sama dengan KAI. Di samping itu, loket reservasi stasiun melayani pemesanan mulai pkl 09.00 - 16 00 Wib.

Berdasar data PT KAI Daop 9 Jember, perjalanan KA jarak jauh kelas ekonomi, seperti KA Sritanjung relasi Banyuwangi - Lempuyangan dan KA Logawa relasi Jember - Purwokerto untuk perjalanan H-4 sampai dengan H+5 sudah terpesan habis. Sedang tiket KA Jarak jauh kelas komersial, seperti KA Wijaya Kusuma relasi Banyuwangi - Cilacap dan KA Ranggajati relasi Jember - Cirebon masih tersedia.

PT KAI Daop 9 Jember setiap harinya mengoperasikan delapan KA perjalanan KA jarak menengah dan jarak jauh, serta empat perjalanan KA lokal. Sebanyak 8.522 tiket yang disiapkan buat masyarakat yang akan bepergian menggunakan moda transportasi kereta api di masa angkutan Lebaran nanti. (Sri Wahyunik/Tribunjatim.com)

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved