KPU Gresik Bakar 10.477 Surat Suara Rusak Agar Tidak Disalahgunakan

10.477 surat suara rusak dibakar di halaman kantor KPU Gresik, Jalan Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas, Gresik.

KPU Gresik Bakar 10.477 Surat Suara Rusak Agar Tidak Disalahgunakan
SURYA/WILLY ABRAHAM
10.477 surat suara rusak dibakar di halaman kantor KPU Gresik, Jalan Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas, Gresik, Selasa (16/4/2019) malam. 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - 10.477 surat suara rusak dibakar di halaman kantor KPU Gresik, Jalan Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas, Gresik, Selasa (16/4/2019) malam.

Surat suara tersebut dibakar agar tidak disalahgunakan.

Pembakaran surat suara rusak juga melibatkan beberapa pihak, antara lain, kepolisian, TNI, Kejaksaan Negeri (Kejari), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gresik.

Gubernur Khofifah Jamu Pemilih di Pemilu dengan Soto Ayam Gratis, Cukup Tunjukkan Jari Bertinta

Sesuai data dari KPU Gresik, total surat suara yang rusak mencapai 10.477 lembar, terdiri dari 588 lembar kertas surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, kemudian sebanyak 3.115 lembar untuk pemilihan anggota DPR RI.

Sedangkan surat suara yang rusak untuk DPD sebanyak 627 lembar, DPRD Provinsi sebanyak 1.954 lembar, dan DPRD Kabupaten Gresik sebanyak 4.193 lembar.

Kerusakan surat suara meliputi sobek dan kurang sempurna dalam cetakan dengan gradasi warna yang tidak sesuai, ditambah bercak warna, maupun komposisi cetakan warna.

Masih Proses Naturalisasi, Otavio Dutra Tunda Keinginan untuk Ikut Mencoblos

Ketua KPU Gresik, Ahmad Rony mengatakan, pembakaran tersebut berdasarkan aturan KPU No 15/2018 yakni wajib memusnakan surat suara yang tidak memenuhi standar.

“Sebelumnya, temuan surat suara rusak sudah kami laporkan, kemudian oleh KPU RI, jumlah surat suara rusak itu diganti. Saat ini kami lakukan pembakaran,” ujarnya.

Sebagai gantinya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik sudah mendistribusikan surat suara pengganti ke masing-masing tempat pemungutan suara (TPS).

Saat Mencoblos di Trenggalek, Emil Dardak Terkenang Mendiang Adiknya

Sementara itu, total pemilih yang tercatat di Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Gresik mencapai 927.045 pemilih, rinciannya 465.833 pemilih laki-laki, dan 461.212 pemilih perempuan.

Total TPS 3.654 tersebar di 18 kecamatan. (Surya/Willy Abraham)

Yuk Subscribe YouTube Channel TribunJatim.com:

Penulis: Willy Abraham
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved