Pilpres 2019

Wali Kota Batu Akan Lakukan Sidak Kelingking dan Beri Sanksi Pada Pejabat Pemkot yang Tak Nyoblos

Untuk menggugah semangat pesta demokrasi dalam Pemilu 2019, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko akan memeriksa semua kelingking pejabat Kota Batu.

Wali Kota Batu Akan Lakukan Sidak Kelingking dan Beri Sanksi Pada Pejabat Pemkot yang Tak Nyoblos
SURYA.CO.ID/SANY EKA PUTRI
Dewanti Rumpoko, bersama Ganisa Pratiwi Rumpoko memasukkan surat suara di TPS 40, Rabu (17/4/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Untuk menggugah semangat pesta demokrasi dalam Pemilu 2019, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko akan memeriksa semua kelingking pejabat Kota Batu.

Hal itu ia sampaikan seusai mencoblos di TPS 40 Desa Pesanggrahan, Rabu (17/4). Dewanti Rumpoko mengatakan tujuannya adalah sebagai pejabat pemerintah harus bisa memberikan contoh kepada masyarakat.

"Ya kemarin sudah saya sampaikan, agar mereka ini pejabat Pemkot Batu harus menggunakan hak suaranya. Siapa nanti yang ketahuan tidak mencoblos, dijari kelingking tidak ada tanda biru, akan ada sanksi," kata dia.

Hasil Perhitungan Suara di TPS Tempat Bupati Jombang Nyoblos, Jokowi-Maruf Amin Unggul Telak

Raih 136 Suara, Jokowi-Maruf Amin Ungguli Prabowo-Sandi di TPS 04 Tempat Bupati Madiun Nyoblos

Sanksi yang dikenakansaat sidak kelingking ini ialah sanksi administratif bagi pejabat yang tidak menggunakan hak suaranya. Sementara itu Dewanti ditemani Ganisa Pratiwi Rumpoko, putrinya saat mencoblos di TPS 40. Saat mencoblos Dewanti kesulitan melipat kembali surat suara.

"Sempat tadi kesulitan melipat kembali surat suara karena terlalu banyak ya calonnya. Tapi alhamdulillah tadi berjalan lancar. Saya juga ikut antri bersama masyarakat Kota Batu," imbuhnya.

Ia juga mengingatkan kepada TPS di Kota Batu yang mendapatkan partisipasi terbanyak akan diberikan hadiah.

Tidak hanya yang terbanyak saja, tetapi juga bisa mampu mengajak masyarakat untuk memilih. Tetapi bukan untuk TPS yang kreatif. Karena ia tidak mempunyai tim untuk menilai itu.

Sementara itu di TPS 40 ini tempat Dewanti mencoblos, hasil dari penghitungan suara, Capres dan Cawapres nomor 1 yaitu Jokowi-Ma'ruf Amin unggul.

Dengan perolehan suara 85 suara untuk Jokowi-Amin, sedangkan untuk Prabowo-Sandi memperoleh suara 59. Dengan surat suara tidak sah ada 2.

Untuk di se Kota Batu sendiri masih dalam proses penghitungan suara.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved