Breaking News:

Terinspirasi Robot Jepang, Mahasiswa ITN Teliti Robot Keseimbangan Beroda Dua

Bayu Wirawan Indarto menunjukkan robot beroda dua yang ia buat dan teliti untuk tugas akhirnya kepada TribunJatim.com, Senin (24/4/2017).

Editor: Yoni Iskandar
TribunJatim/ Neneng Uswatun Hasanah
Bayu menunjukkan robot seimbang beroda dua buatannya. 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Bayu Wirawan Indarto menunjukkan robot beroda dua yang ia buat dan teliti untuk tugas akhirnya kepada TribunJatim.com, Senin (24/4/2017).

Mahasiswa Institut Teknologi Nasional itu mengaku terinspirasi dari robot Jepang dan memutuskan untuk meneliti robot keseimbangan beroda dua.

"Pernah melihat di Jepang ada robot sepeda yang bisa berjalan sendiri menggunakan roda," kata mahasiswa asal Lumajang itu.

Ia pun mencoba mengembangkan robot beroda dua menggunakan metode kendali PID (Proportional Integral Derivative). Metode kendali PID adalah metode untuk menentukan presisi suatu sistem instrumentasi dengan karakteristik adanya umpan balik pada sistem.

"Jadi ketika robot diberi beban berapapun, kecepatannya tidak menurun dari kecepatan awal sesuai kekuatannya. Kecepatannya akan tetap stabil, sehingga tidak mengalami kenaikan maupun penurunan kecepatan," jelas Bayu.

Baca: Mahasiswa UMM Ini Saling Puji Keahlian Rekan Tim Robotika

Mahasiswa kelahiran 14 Juni 1995 itu mengatakan robotnya bisa diimplementasikan sebagai pelayan di restoran. "Rencananya akan dikembangkan ke arah sana. Saat ini masih dalam proses penyempurnaan dengan mengadopsi cara berjalan alat transportasi segway," ujarnya.

Saat ini, robot beroda dua buatan Bayu baru berupa prototipe berukuran 17 cm dengan berat sekitar 1 kg. "Robot yang saya buat ini baru bisa membawa benda seberat 0,3 kg dan berdiri seimbang selama 2 jam," tuturnya.

Mahasiswa yang pernah menjadi peserta kontes robot nasional itu melanjutkan, robotnya bisa berjalan dengan stabil dan tidak jatuh meskipun didorong dengan tangan atau benda lain. "Intinya robot ini sudah seimbang, dan itu dasar yang terpenting," kata Bayu. (Surya/Fatkhul Alamy)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved