Mobil Tabrak Candi Kidal

Ditabrak Mobil, Inilah Kerusakan Candi Kidal Yang Ada di Malang

Candi Kidal yang berada di Dusun Kidal Rejo, Desa Kidal, Kecamatan Tumpang mengalami kerusakan setelah ditabrak oleh mobil KIA Karnival yang dikemudik

Surya/ Benni Indo
Hariyoto saat meninjau bagian Candi Kidal yang rusak setelah ditabrak mobil, Selasa (25/7/2017). 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Pemandangan aneh terlihat di Candi Kidal ketika sebuah mobil Kia Karnival Nopol BE 2844 GH menabrak candi yang menjadi simbol penghormatan kepada Anusapati itu, Selasa (25/7/2017).

Candi Kidal yang berada di Dusun Kidal Rejo, Desa Kidal, Kecamatan Tumpang mengalami kerusakan setelah ditabrak oleh mobil KIA Karnival yang dikemudikan oleh seorang dokter bernama Joko Agus Gunawan pada Selasa sekitar pukul 24.00 wib.

Kerusakan itu terjadi pada batu yang berada di bawah Kala Makara.

Kala Makara adalah sebuah patung yang menjadi simbol penjaga candi. Batu yang rusak itu adalah batu baru yang dipasang oleh petugas di Candi Kidal. Sedangkan patung Kalamakara sendiri tidak mengalami kerusakan.

“Bagian bawah yang rusak. Batu baru,” kata Hariyoto, koordinator Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Malang saat meninjau ke Candi Kidal, Selasa (25/7/2017).

Serpihan bebatuan yang tertabrak itu berserakan di tangga candi. Sedangkan cairan hitam seperti bekas oli terdapat di rumput depan candi. Cairan itu berasal dari mobil yang menabrak candi.

Baca: Aneh, Mobil Tabrak Candi Kidal, Warga Malang Terheran-heran

Petugas BPCB akan melakukan peninjau terlebih dahulu terkait kerusakan yang dialami Candi Kidal. Setelah itu, petugas akan mengganti batu yang rusak itu.

“Iya, ditinjau dulu oleh tim nanti,” lanjutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebuah mobil Kia Karnival Nopol BE 2844 GH menabrak candi yang menjadi simbol penghormatan kepada Anusapati itu, Selasa (25/7/2017). Informasi yang dihimpun suryamalang.com di lapangan, pengendara mobil itu adalah seorang dokter yang bernama Joko Agus Gunawan. (Surya/ Benni Indo)

Penulis: Benni Indo
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved