Gus Ipul Mbak Puti Menuju Grahadi

Risma dan Anas Dukung Program Pendidikan Gratis yang Digagas Gus Ipul - Puti Guntur Soekarno

Saifullah Yusuf bersama pasangannya Puti Guntur bawa visi dan misi pendidikan gratis.

Risma dan Anas Dukung Program Pendidikan Gratis yang Digagas Gus Ipul - Puti Guntur Soekarno
Ketua umum PDIP, Mega Soekarno Putri bersama cagub Jatim, Gus Ipul, cawagub, Puti Guntur Soekarno, walikota Surabaya, Tri Rismaharini, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas berfoto bersama saat di Rumah Dinas Walikota Surabaya, Sabtu (3/2/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Rencana program pendidikan gratis yang digagas Bakal Calon Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf dan pasangannya, Puti Guntur Soekarno di dalam visi misinya mendapatkan apresiasi dari Bupati dan Wali Kota di Jawa Timur.

Salah satu kepala daerah yang mendukung adanya program tersebut adalah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

“Rakyat memetik manfaat besar dari kebijakan tersebut, dan itu berarti Gus Ipul dan Mbak Puti adalah cerminan aspirasi rakyat,” kata Risma, Sabtu (3/2/2018).

Risma memang pernah menerapkan sekolah gratis di Surabaya sebelum pengelolaannya dipindahkan ke Pemprov Jatim untuk SMA/SMK.

Saat itu, anggaran pendidikannya mencapai 32 persen dari APBD Kota Surabaya.

“Yang memungut, kami beri sanksi kepala sekolahnya. Sekarang pendidikan gratis hanya bisa untuk SD dan SMP negeri. Yang swasta, kami berikan subsidi. Dengan program Gus Ipul-Mbak Puti ini, berarti memberi akses bagi Kota Surabaya untuk membantu lagi pendidikan anak-anak kita di SMA/SMK,” kata Risma.

Selain Risma, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas juga mengapresiasi program Gus Ipul-Puti terkait pendidikan gratis SMA/SMK.

Ia teringat pada tahun 2017, Pemkab Banyuwangi membatalkan dana untuk SMA/SMK sebesar Rp 18 miliar karena belum ada payung hukum teknisnya.

“Warga menyambut antusias. Bagi kabupaten/kota, itu berarti memberi ruang kolaborasi untuk ikut mengembangkan SMA/SMK," kata Anas.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Edwin Fajerial
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved