Pileg 2019

Hingga Penutupan, Partai Baru ini Pilih Tak Lakukan Perbaikkan Berkas Bacalegnya

Partai baru ini memilih tidak melakukan perbaikan berkas bacaleg hingga KPU menutup waktunya.

SURYA/SAMSUL HADI
Perwakilan salah satu partai saat melakukan perbaikkan berkas bacaleg di kantor KPU Kota Blitar pada hari terakhir, Selasa (31/7/2018) malam. 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Satu dari 16 partai politik yang sudah mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) Pileg 2019 di KPU Kota Blitar tidak melakukan perbaikkan berkas hingga batas terakhir, Selasa (31/7/2018) pukul 24.00 WIB. Satu partai yang tidak melakukan perbaikkan berkas bacaleg, yakni, Partai Garuda.

"Hanya Partai Garuda yang tidak melakukan perbaikkan berkas bacaleg. Dari awal, mereka juga tidak pernah melakukan konsultasi ke KPU," kata Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Blitar, Mashudi, Rabu (1/8/2018).

Mashudi mengatakan Partai Garuda hanya mendaftarkan dua bacaleg. KPU juga sudah berupaya menghubungi pengurus Partai Garuda untuk segera melakukan perbaikkan berkas.

Tetapi, hingga batas akhir proses perbaikkan berkas bacaleg, Partai Garuda tetap datang ke KPU.

"Kalau tidak memenuhi persyaratan otomatis akan dicoret dari daftar caleg sementara (DCS)," ujar Mashudi.

Sekarang KPU sedangan melakukan verifikasi berkas hasil perbaikkan dari sejumlah partai. Proses verifikasi dilakukan selama sepekan mulai 1-7 Agustus 2018.

Berkas perbaikkan itu belum menjamin bacaleg akan masuk data caleg sementara.

Jika dari hasil verifikasi ditemukan masih ada kekurangan persyaratan, maka bacaleg bisa dicoret dari daftar caleg sementara.

Karena sudah tidak ada tenggang waktu untuk melakukan perbaikkan berkas bacaleg lagi. "Sekarang masih proses verifikasi berkas hasil perbaikkan," katanya.

Menurut Mashudi, pada pendaftaran bacaleg lalu, hampir semua bacaleg masih belum melengkapi persyaratan personal.

Rata-rata, para bacaleg belum melengkapi surat kesehatan dan SKCK. Kekurangan persyaratan itu dilengkapi pada masa perbaikkan berkas. (Surya/Sha)

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved