Setahun di Lebanon, Koarmada II Sambut Pasukan Perdamaian Dunia KRI Usman Harun 359

Setelah bertugas dalam Pasukan Perdamaian di bawah naungan PBB di Lebanon, KRI Usman Harun 359, pulang kampung ke Koarmada II, Ujung Surabaya.

Setahun di Lebanon, Koarmada II Sambut Pasukan Perdamaian Dunia KRI Usman Harun 359
TRIBUNJATIM.COM/NUR IKA ANISA
Penyambutan KRI Usman Harun 359 di Dermaga Ujung Madura, Kamis (8/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Nur Ika Anisa

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Setelah bertugas dalam Pasukan Perdamaian di bawah naungan PBB di Lebanon, KRI Usman Harun 359, pulang kampung ke Koarmada II, Ujung Surabaya, Kamis (8/11/2018).

Kehadiran kapal perang tipe Multi Role Light Frigate (MRLF) ini, disambut Pangkoarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto dan dimeriahkan dengan berbagai atraksi penyambutan.

Penyambutan kapal perang yang dikomandani oleh Kolonel Laut (p) Alan Dahlan ini, ditandai dengan iringan dua kapal dan atraksi pesawat jet, bersamaan dengan lambaian tangan pasukan Koarmada II diiringi marching band.

Pangkoarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto dalam penyambutan KRI Usman Harun 359 mengucapkan terima kasih kepada para pasukan misi perdamaian dunia yang telah bertugas.

Mendadak Sambangi RSUD Kanjuruhan Kepanjen, Sanusi Minta Pelayanan BPJS atau Non BPJS harus Sama

"Saya ucapkan terima kasih yang sudah kembali ke Indonesia dengan selamat. Mereka ini mengemban tugas mulia negara, berada di Lebanon selama satu tahun," kata Laksda TNI Mintoro Yulianto.

KRI Usman Harun 359 bertugas untuk misi perdamaian dunia di Lebanon sebagai pasukan PBB mulai 23 September 2017 hingga 30 September 2018 ditandai dengan pelaksanaan serah terima mandat Transfer of Authority dengan KRI penggantinya yaitu KRI Sultan Hasanuddin 366 di Beirut Port.

Perjalanan KRI Usman Harun 359 menuju Jakarta dengan rute perjalanan di Beirut Lebanon kemudian Port Said Mesir, Jeddah Arab Saudi, Salalah Oman, Colombo Sri Lanka, Belawan Indonesia, Jakarta, dan berakhir untuk bersandar di Surabaya.

KRI Usman Harun 359 yang membawa 100 prajurit ini bertugas membantu Lebanese Armed Forces (LAF) Navy untuk mencegah masuknya senjata atau peralatan menuju Lebanon secara ilegal melalui laut.

BNNP Jatim Antisipasi Penyalahgunaan Air Rebusan Pembalut, Disebut Efeknya seperti Sabu-sabu

Selain itu, KRI Usman Harun 359 juga melatik LAF Navy untuk melaksanakan operasi keamanan maritime di wilayah laut teritorialnya.

KRI Usman Harun 359 didukung dengan Platform System, di antaranya radar navigasi, radar surveillance untuk pengamatan udara, radar tracker dan elevasi terhadap sasaran dan meriam 76 mm Otomelara Super Rapid Gun, dan 30 mm di lambung kanan kiri kapan sebagai Close in Weapon System (CIWS) antisipasi bahaya udara.

"Mereka melaksanakan tugas dengan sukses, segaia duta bangsa menempatkan posisi sebagai pasukan perdamaian yang dihormati dan disegani. Meraih berbagai medali diantaranya Germany Medal, Beligium Medal, Italian Medal, Tanzania Medal. Sangat luar biasa," kata Mintoro Yulianto.

Wujud Cinta Lingkungan Sejak Dini, SD Muhammadiyah 24 Surabaya Ajak Para Siswa Tanam Bunga Puspa

Penulis: Nur Ika Anisa
Editor: Ayu Mufihdah KS
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved