Jalan Gubeng Surabaya Ambles

Tim Mitigasi Kelongsoran Jalan Raya Gubeng: Kontraktor Tanggung Jawab Memelihara Satu Tahun Berjalan

Pengurukan timbunan tanah dijadikan untuk badan jalan sehingga struktur kontruksi jalan dari timbunan tanah difungsikan untuk sub grade (tanah dasar)

Tim Mitigasi Kelongsoran Jalan Raya Gubeng: Kontraktor Tanggung Jawab Memelihara Satu Tahun Berjalan
TRIBUNJATIM.COM/NUR IKA ANISA
Kondisi Jalan Raya Gubeng Pasca Ambles 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Nur Ika Anisa

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Tim Mitigasi Kelongsoran Jalan Raya Gubeng merekomendasikan agar kontraktor melakukan pemeliharaan Jalan Raya Gubeng selama satu tahun ke depan setelah dibuka kembali pasca insiden Jalan Gubeng Surabaya ambles.

"Kami merekomendasikan kontraktar bertanggung jawab selama satu tahun pemeliharaan jalan dan kami evaluasi final sudah layak belum jalan ini sudah layak belum dikembalikan negara," ungkap Humas Tim Mitigasi Kelongsoran Jalan Raya Gubeng, Wahyu P Kuswanda.

Wahyu P Kuswanda menambahkan dari evalusi tim yang telah dilakukan, rekomendasi itu ditujukan untuk menyelamatkan akses Jalan Raya Gubeng.

Selain rekomendasi bagi kontraktor untuk memastikan kontruksi Jalan Raya Gubeng yang baru dibangun tetap aman, Wahyu juga menjelaskan ada beberapa rekomendasi lainnya.

Satu di antaranya terkait penyelamatan dua bangunan yang berbatasan langsung dengan kelongsoran tanah tersebut, seperti Toko Elizabeth dan Bank BNI.

TRAFFIC REPORT: Arus Lalu Lintas di Jalan Raya Gubeng Surabaya Pasca Ambles Terpantau Ramai Lancar

"Pengurukan timbunan tanah dijadikan untuk badan jalan sehingga struktur kontruksi jalan dari timbunan tanah difungsikan untuk sub grade (tanah dasar)," kata Wahyu P Kuswanda.

Menurutnya, sub grade tanah masih akan menimbulkan pemampatan sehingga memungkinkan Jalan Raya Gubeng akan mengalami penurunan.

Beberapa penyebab disebutkan Wahyu P Kuswanda diantaranya adanya pengerjakan galian dalam di sisi Jalan Raya Gubeng dan kerusakan aspal.

Sehingga, antisipasinya kontruksi jalan dibangun dengan elevasi 60 centimeter lebih tinggi dari jalan sebelumnya.

Penyelidikan Kasus Jalan Gubeng Surabaya Ambles, Kapolda Jatim: Sudah Mengarah Ke Tersangka

Artinya, menurut dia jika jalan mengalami penurunan akan sebanding dengan tinggi jalan sebelumnya.

Penulis: Nur Ika Anisa
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved