Info sehat hari ini

INFO SEHAT HARI INI - Obat Kadaluarsa Ternyata Masih Bisa Bisa Dikonsumsi, Simak Syaratnya!

Menemukan obat kedaluwarsa, tapi secara penampakan masih bagus. Apakah perlu dibuang? Menurut studi obat kadaluarsa masih bisa digunakan.

INFO SEHAT HARI INI - Obat Kadaluarsa Ternyata Masih Bisa Bisa Dikonsumsi, Simak Syaratnya!
Thinkstockphotos
Ilustrasi obat 

TRIBUNJATIM.COM - Menemukan obat kedaluwarsa di lemari obat, tapi secara penampakan masih bagus. Lalu apakah perlu dibuang? Sebuah studi membuktikan obat-obat ini masih bisa digunakan.

INFO SEHAT TERBARU - Menurut Studi Beras Hitam Lebih Menyehatkan Untuk Penderita Diabetes

Mengutip dari Daily Mail, bahkan obat-obatan yang bertahun-tahun telah melewati tanggal kedaluwarsanya namun tetap disimpan dalam tempat yang jauh dari sinar matahari masih memiliki manfaat. 

Ini mungkin menjadi kabar baik bagi mereka yang bekerja di daerah terpencil di dunia di mana kadang-kadang obat kedaluwarsa adalah satu-satunya yang tersedia.   

Hal ini ditulis dalam Journal of Wilderness and Environmental Medicine. 

"Tanggal kedaluwarsa pada paket obat adalah tanggal terakhir sebuah perusahaan obat akan menjamin kandungan dan stabilitas obat ketika disimpan dalam kondisi yang direkomendasikan dan dalam kemasan aslinya," kata penulis utama penelitian yaitu Dr. Emma Browne dari British Medical Antartic Survey Medical Unit di Plymouth, UK. 

"Tanggal ini belum tentu merupakan titik di mana obat menjadi tidak efektif atau berbahaya. Untuk beberapa obat, ini mungkin menjadi jauh lebih lama dari tanggal kedaluwarsa, yakni dua hingga tiga tahun," tambahnya. 

Di beberapa bagian dunia, dokter menghadapi kesulitan mendapatkan obat yang masa kedaluwarsanya lebih dari setahun. 

Ini juga mungkin mahal bagi komunitas kecil atau kelompok ekspedisi untuk mengganti obat yang tidak digunakan. 

INFO SEHAT HARI INI - 4 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Jika Ingin Tidur Lebih Nyenyak

Browne menambahkan, dokter harus memutuskan apakah lebih aman memberikan obat  kedaluwarsa atau tidak mengobati seseorang dalam kondisi tertentu.  "Hal ini tentu menjadi dilema yang sangat besar," tuturnya. 

Para peneliti menguji stabilitas lima obat kedaluwarsa. Semuanya berkisar satu hingga empat tahun melewati masa kedaluwarsa dan membandingkannya dengan sampel segar dari obat yang sama. 

INFO SEHAT TERBARU - 5 Buah dan Sayur yang Biasa Dikonsumsi Ini Ternyata Miliki Sisi Beracun

Halaman
12
Editor: Candra Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved