Pilpres 2019

Lima Ribu Suara Raib di Bangkalan, Caleg PKB Dapil Madura Lapor Bawaslu

Calon legislatif DPR RI Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jatim XI, Zaini Rahman mengaku kehilangan suara.

Lima Ribu Suara Raib di Bangkalan, Caleg PKB Dapil Madura Lapor Bawaslu
TRIBUNJATIM.COM/YUSRON NAUFAL PUTRA
Komisioner Bawaslu Jatim, Purnomo Satrio, saat ditemui di Kantor Bawaslu Jatim, Kamis (18/4/2019). 

 TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – Calon legislatif DPR RI Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jatim XI, Zaini Rahman mengaku kehilangan suara.

Tak tanggung-tanggung, di Dapil yang membawahi empat kabupaten di Madura ini (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep), Zaini mengaku kehilangan sekitar lima ribu suara.

Tepatnya, kejadian ini terjadi di Bangkalan. Sehingga, dia pun melaporan kejadian ini ke Badan Pengawas Pemilu.

Zaini memberi contoh di enam kecamatan di Bangkalan. Di Kecamatan Kamal, dia mengaku memperoleh 1.961 suara; Konang 1.676 suara; Arosbaya 756 suara; Socah 456 suara; Labang 487 suara; dan Kecamatan Blega memperoleh 367 suara. Total suara di enam kecamatan itu sebanyak 5.703 suara.

Data perolehan suara itu, papar Zaini, berdasarkan Form C1, DAA1-Plano, dan DA1.

"Namun, angka itu tiba-tiba ada yang berkurang bahkan raib di DB1 hasil rekapitulasi KPUD Kabupaten Bangkalan," kata Zaini di Surabaya, Jawa Timur kepada Tribunjatim.com, pada Kamis (9/5/2019).

Di data DB1, lanjut Zaini, perolehan suaranya berkurang signifikan di enam kecamatan tersebut. Di Kecamatan Kamal 5 suara; Konang 12 suara; Arosbaya 0 suara; Socah 6 suara; Labang 7 suara; dan Kecamatan Blega 0 suara. Total suara di enam kecamatan itu tersisa hanya 30 suara.

Zaini menduga penyelenggara Pemilu telah bersekongkol untuk menguntungkan caleg tertentu. Menurutnya, hal ini bukan hanya merugikan dirinya, namun juga pemilih yang mendukung dirinya.

Opick Pulang dari Bulan Madu dengan Bebi Silvana, Bawa Pulang Sehelai Rambut Nabi Muhammad

Rekapitulasi Sementara KPU Jatim : Prabowo-Sandi Baru Menang di Tiga Kabupaten

Aksi Heroik Driver Taksi Online Wanita yang Menerima Order Mengantarkan Jenazah saat Dini Hari

Oleh karena itu, ia pun menempuh jalur yang diatur undang-undang untuk mengadukan keberatannya. Yakni, mengadu ke Bawaslu.

Proses rekapitulasi hasil perolehan suara tingkat provinsi untuk empat kabupaten di Madura digelar Kamis (9/5/2019) ini. Zaini berharap, Bawaslu menindaklanjuti aduannya dan KPU Jatim mencocokkan kembali perbedaan data yang dianggapnya meraibkan suaranya.

"Cocokkan lagi Form C1, DAA1 Plano, dan DA1 kecamatan dengan DB1 hasil rekap kabupaten," ujarnya kepada Tribunjatim.com. (bob/TribunJatim.com).

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved