Pemilu 2019

Gelar Buka Bareng TKD dan BPN, Polisi Pastikan Kabupaten Malang Bebas dari Isu People Power

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung pastikan situasi di Kabupaten Malang pasca berlangsungnya Pemilu 2019 tetap aman.

Gelar Buka Bareng TKD dan BPN, Polisi Pastikan Kabupaten Malang Bebas dari Isu People Power
SURYA/ERWIN WICAKSONO
Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung saat memberikan sambutan dalam acara buka bersama dengan dengan koordinator Tim Kampanye Daerah (TKD) paslon 01 dan koordinator Badan Pemenangan Nasional (BPN) paslon 02 serta KPU dan Bawaslu Kabupaten Malang, di salah satu rumah makan di Kepanjen, Selasa (14/5/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, KEPANJEN - Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung pastikan situasi di Kabupaten Malang pasca berlangsungnya Pemilu 2019 tetap aman.

Ujung menyebut di wilayah hukumnya tak ada potensi timbulnya isu 'people power' yang sempat mencuat belakangan.

Hal tersebut disampaikannya usai menghadiri buka bersama dengan koordinator Tim Kampanye Daerah (TKD) paslon 01 dan koordinator Badan Pemenangan Nasional (BPN) paslon 02 serta KPU dan Bawaslu Kabupaten Malang, di salah satu rumah makan di Kepanjen, Selasa (14/5/2019).

"Alhamdulillah aman, soal people power di Kabupaten Malang tidak ada. Pasca pemilu dari pencoblosan hingga rekapitulasi situasi di Kabupaten Malang lancar aman dan kondusif, inilah yang perlu kita semua jaga," ujar Ujung.

(6 Fakta Acara Ungkap Kecurangan Pemilu: BPN Tolak Hasil Hitung KPU, Prabowo Diklaim Menang 54,24%)

Ujung menegaskan, kedua pihak baik TKD dan BPN Kabupaten Malang memastikan akan menerima hasil apapun dalam Pemilu 2019.

"Di Kabupaten Malang semua kubu baik 01 dan 02 sepakat menghormati keputusan yang disampaikan oleh KPU. Mereka juga sepakat tidak menggunakan cara-cara inkonstitusional dalam konstestasi politik," imbuh Ujung.

Di sisi lain,  Koordinator saksi paslon capres 02 Habib Salim Barahwan mengaku tak tahu menahu soal adanya isu people power. Barahwan yakin kondisi di Kabupaten Malang bakal kondusif.

"Gak tau saya soal itu (people power) no comment lah. Saya kan di Malang. Insha Allah adem ayem beres. Ini kan arema, jiwanya besar mari setelah itu kita bekerja bersama," ujar Barahwan.

Sementara perwakilan koordinator TKD Kabupaten Malang, Darmadi menyampaikan rasa terimakasihnya kepada pihak-pihak yang turut mensukseskan jalannya Pemilu di Kabupaten Malang.

Di antaranya, Pemilu, Bawaslu, TNI- Polri serta masyarakat Kabupaten Malang. Menanggapi adanya isu people power, dirinya yakin semua proses akan dilaksanakan sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Terkait peluang kemenangan Capres 01, ia menjelaskan masih akan menunggu pengumuman resmi KPU.

"Siapapun bisa berwacana, saat ini proses kami serahkan semuanya kepada mekanisme yang berlaku," tegas Darmadi.

Reporter: Surya/Erwin Wicaksono

(PKC PMII Jatim Minta Masyarakat Hormati Hasil Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 Tingkat Provinsi)

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved