Idulfitri 2019

Oleh-Oleh Khas Jember yang Sering Diburu Saat Libur Hari Raya Idulfitri, Ada Tape hingga Suwar-Suwir

Tape singkong kuning, suwar-suwir, dan edamame adalah penganan khas Jember yang bisa anda beli untuk oleh-oleh saat Lebaran 2019 nanti.

Oleh-Oleh Khas Jember yang Sering Diburu Saat Libur Hari Raya Idulfitri, Ada Tape hingga Suwar-Suwir
SURYA.CO.ID/SRI WAHYUNIK
Oleh-oleh khas Jember Tape Singkong Kuning, Minggu (2/5/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Tape singkong kuning, suwar-suwir, dan edamame adalah oleh-oleh khas Jember yang bisa anda beli untuk oleh-oleh saat Lebaran 2019 nanti.

Selain tiga penganan di atas, makanan berbahan tape singkong seperti prol tape juga bisa menjadi pilihan.

Tape singkong kuning, merupakan makanan yang paling laris menjelang Lebaran dan saat libur Lebaran. Warga dari luar kota yang melintasi Jember, maupun mudik ke Jember banyak memburu penganan manis ini.

Sementara suwar-suwir adalah penganan khas berbahan baku tape singkong yang dimasak menjadi dodol. Makanan ini merupakan makanan khas Jember.

Cerita Pasutri Ikut Mudik Gratis Pemkab Jember, Senang Setelah 7 Tahun Terakhir Tak Pernah Mudik

Sedangkan edamame, atau kedelai edamame merupakan kedelai beku siap makan yang sehat dan diproduksi oleh PT Mitra Tani Dua Tujuh Jember.

Perusahaan ini ada di Jember. Meskipun produknya banyak dikirimkan keluar negeri, edamame siap makan juga dijual di Jember, dan termasuk dalam ranah camilan khas Jember.

Apalagi sejumlah pelaku UMKM juga mengolah edamame menjadi varian baru, seperti edamame goreng dan edamame krispi.

Tutik, warga Kelurahan Tegalbesar Kecamatan Kaliwates, Jember yang ditemui Surya di sentra penjualan oleh-oleh di Jl Gajah Mada Jember, mengaku membeli tape singkong kuning dan suwar-suwir untuk dibawanya mudik ke Yogyakarta.

"Teman-teman dan saudara suka sama tape singkong dari Jember. Rasanya lebih manis, dan beda karena yang dari sini warnanya kan kuning. Kalau yang pada umumnya putih, dan tidak se-enak dari Jember," ujar Tutik. Ibu rumah tangga itu membeli 12 kotak tape singkong kuning untuk oleh-oleh.

KAI Daop 8 Turunkan Tarif Tiket Kereta Rute Surabaya ke Jember/Banyuwangi, Berikut Rincian Harganya

Tidak hanya tape singkong, dia juga membeli suwar-suwir. "Suwar-suwir itu dodol khas Jember, kalau di tempat lain biasanya kan buah kayak sirsak begitu. Suwar-suwir dari tape dan kerasa tapenya," imbuhnya.

Hardi, kasir di toko oleh-oleh 'Sumber Madu' mengatakan tape singkong memang yang paling banyak diburu pembeli, selain suwar-suwir dan edamame, juga prol tape. "Kalau makanan khas Jember ya itu yang diburu, juga ada rengginang yang laris," ujarnya.

Untuk Lebaran nanti, pusat penjualan oleh-oleh di Jember tidak akan tutup. Bagi anda warga yang mudik ke Jember, atau melewati Jember yang ingin membeli oleh-oleh bisa mencarinya di seputaran Jl Gajah Mada sisi timur yang berbatasan dengan Jl Sultan Agung. Di ruas jalan itu, berderet toko oleh-oleh yang menjual makanan khas Jember.

Anda juga bisa menemukan toko oleh-oleh di Jl Trunojoyo, dan HOS Cokroaminoto. Jika ada melintas dalam Kota Jember, dari arah Banyuwangi ke Surabaya, maka akan melewati deretan toko oleh-oleh tersebut.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved