Temukan Bayi Lutung Jawa di Pinggir Jalan, Warga Malang Antarkan Hewan Endemik Itu ke BBKSDA Jatim

Seorang warga bernama Dini, warga Jalan LA Sucipto, Kota Malang menyerahkan Bayi Lutung Jawa kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur

Temukan Bayi Lutung Jawa di Pinggir Jalan, Warga Malang Antarkan Hewan Endemik Itu ke BBKSDA Jatim
ISTIMEWA
Bayi Lutung Jawa yang ditemukan Dini, warga Jalan LA Sucipto, Kota Malang di Bugis, Pakis Kabupaten Malang saat tegeletak di pinggir jalan dengan terbungkus kardus pada (30/5/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Seorang warga bernama Dini, warga Jalan LA Sucipto, Kota Malang menyerahkan Bayi Lutung Jawa kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur pada Minggu (2/6/2019).

Dini telah menemukan bayi Lutung Jawa tersebut di daerah Bugis, Pakis Kabupaten Malang pada (30/5/2019).

Pada saat ditemukan, bayi Lutung Jawa tersebut masih berada di dalam kardus dan diletakkan begitu saja di pinggir jalan.

Ada Kejenuhan di Program Keahlian Akuntansi, SMKN 12 Kota Malang Buka Tata Boga dalam PPDB 2019

Karena merasa iba dan kasihan kepada nasib Lutung Jawa tersebut, akhirnya Dini berinisiatif untuk mengembalikannya kepada pihak yang berwajib.

"Pertama bingung mau dikasikan ke siapa. Setelah mencari-cari informasi. Akhirnya mendapatkan Kontak BBKSDA Jatim yang bertugas di Malang," ucapnya.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur, Nandang Prihadi mengatakan, bayi Lutung Jawa tersebut diduga sengaja dibuang oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Pengamanan Arus Mudik di Stasiun Kota Malang, Polisi Terjunkan Anjing Pelacak Tim K-9 Buat Berjaga

"Untung saja masih ditemukan oleh warga yang sadar akan konservasi. Sehingga bayi Lutung Jawa ini bisa segera terselamatkan," ucapnya kepada SURYAMALANG.COM, Senin (3/6/2019).

Lutung Jawa yang memiliki nama latin Trachypithecus Auratus merupakan satwa endemik Pulau Jawa.

Mereka biasanya hidup berkelompok dengan menggelantung di pepohonan.

Untuk di Malang Raya, satwa yang biasa disebut 'budeng' ini bisa ditemui di daerah Malang Selatan, telatnya di Pantai Kondang Merak dan di Pulau Sempu.

Halaman
12
Penulis: Rifki Edgar
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved