Pemkot Surabaya Bikin Kompleks Taman 40 Hektar di Keputih, Ada 3 Jenis Taman Tersambung Jembatan

Pemkot Surabaya Bikin Kompleks Taman 40 Hektar di Keputih, Ada 3 Jenis Taman Tersambung Jembatan.

Pemkot Surabaya Bikin Kompleks Taman 40 Hektar di Keputih, Ada 3 Jenis Taman Tersambung Jembatan
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Penanaman pohon dan pembuatan biopori bersama Kejati Jatim di Taman PUPR beberapa waktu lalu 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Area Keputih, Surabaya akan memiliki kompleks pertamanan, dengan adanya tiga taman di wilayah tersebut yang lokasinya berdekatan, yakni Taman Harmoni, Taman PUPR dan Taman Kreatif Eks Incinerator.

Apalagi, kini Pemkot Surabaya tengah berupaya menyambungkan Taman PUPR dan Taman Harmoni dengan membangun jembatan, supaya pengunjung bisa menikmati kedua taman lebih mudah.

Setelah puas di Taman PUPR dan Taman Harmoni, pengunjung bisa lanjut ke Taman Kreatif Eks Incinerator.

Sedang Bersihkan Taman di Surabaya, Petugas Kebersihan Temukan Mortir Aktif, Kondisinya Berkarat

Pemkot Blitar Bakal Tambah Taman & Pohon Peneduh di Lahan Kosong di Sport Center, Biar Lebih Asri

VIRAL Perumahan di Atas Thamrin City Ada Kolam Renang dan Taman, Ternyata Begini Kondisinya!

"Komplek Taman Harmoni dengan luas yang lebih dari 40 hektar sendiri, tidak hanya terdiri dari Taman Harmoni dan Taman PUPR saja. Tetapi ada juga Taman Kreatif Eks Incenerator yang berfungsi sebagai tempat interaksi warga karena disana juga dilengkapi dengan amphitheater terbuka, dan jogging track yang representatif untuk dipakai jalan-jalan maupun berolahraga," tutur Rochim Yuliadi Kasi Ruang Terbuka Hijau​ Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya, Senin (8/7/2019).

Sekretaris DKRTH Ipong Wisnoe Wardhono, mengatakan tahun ini ditargetkan pembebasan lahan selesai, dan pengembangan Taman PUPR juga akan dilanjutkan tahun ini.

Rencananya, Taman PUPR akan dibangun konsep taman berbunga, dilengkapi jogging track, area bermain anak, hingga Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

IPAL tersebut berfungsi untuk mengolah air payau menjadi tawar, dan akan digunakan untuk menyirami tanaman di Taman PUPR.

“Karena kita posisinya di sini sulit air, kita sudah ngebor sekitar 70 meter itu kondisi airnya masih payau, ini sebenarnya sudah ada (IPAL), tinggal penyempurnaan,” kata Ipong.

Untuk menyempurnakan komplek pertamanan ini, Rochim menyebut Pemkot kini tengah melanjutkan pekerjaan di Taman Harmoni dan Taman Kreatif Eks Incinerator.

Di antaranya adalah sarana penunjang seperti toilet, shelter, gazebo, dan penambahan jogging track dari material pattern concrete.

"Untuk (pengerjaan) Taman PUPR, diusahakan tahun depan Kementerian PUPR melanjutkan proyek hibahnya ke Pemkot Surabaya," pungkas Rochim.

Disebut Taman PUPR, karena dahulu pembangunannya merupakan hasil bantuan dari pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (Kemen PUPR RI).

Dalam mewujudkan konsep taman berbunga tersebut, pemkot bersama Kejaksaan Tinggi Jawa Timur melakukan aksi pelestarian lingkungan dengan penanaman pohon dan pembuatan biopori beberapa waktu lalu.

Penulis: Delya Octovie
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved