Rumah Politik Jatim

PKB se-Jatim Solid Dukung Cak Imin Jadi Ketua Umum pada Muktamar Agustus 2019 Mendatang

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) se-Jawa Timur menegaskan solid untuk mendukung kembali Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai Ketua Umum.

PKB se-Jatim Solid Dukung Cak Imin Jadi Ketua Umum pada Muktamar Agustus 2019 Mendatang
TRIBUNNEWS
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. PKB se-Jatim solid dukung Cak Imin jadi Ketua Umum pada Muktamar Agustus mendatang 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) se-Jawa Timur menegaskan solid untuk mendukung kembali Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai Ketua Umum periode 2019-2024.

Sebanyak 38 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) serta Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim menegaskan Cak Imin sebagai kandidat terbaik pada Muktamar PKB di Bali, 20 Agustus 2019 mendatang.

Berdasarkan penjelasan Ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar, 38 DPC se-Jatim telah berkirim surat ke DPP untuk memberikan rekomendasi dukungan itu.

"Dukungan itu merupakan inisiatif DPC. DPW hanya mendapat tembusan," kata Halim kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Minggu (14/7/2019).

PPP Mulai Dekati PKB untuk Usung Cawali pada Pilwali Kota Blitar 2020

Mengutip penjelasan DPC pada surat tembusan di DPW tersebut, Halim menyebut ada tiga hal yang mendasari para DPC ingin Cak Imin kembali menahkodai partai berlambang sembilan bintang ini.

"Pak Muhaimin dinilai sebagai kader PKB yang paling layak untuk kembali lima tahun kedepan," kata Halim.

Pertama, hasil pemilu 2019 yang menempatkan PKB diurutan keempat secara nasional dengan 13,5 juta suara menjadi alasannya.

"PKB di bawah kepemimpinan Pak Muhaimin berhasil mengembalikan secara nasional ke posisi PKB di 1999 (awal berdiri). Bahkan, angkanya lebih tinggi," kata Halim.

Dengan perolehan suara sebanyak itu, PKB sukses mengunci 58 kursi sekaligus menjadi perolehan terbanyak di lima pemilu terakhir yang pernah diikuti sejak PKB berdiri. Mulai dari pemilu 1998 (51 kursi), pemilu 2004 (52 kursi), pemilu 2009 (28 kursi), dan pemilu 2014 (47 kursi).

PKB Kirim 8 Nama Kandidat untuk Jadi Ketua DPRD Sidoarjo, Satu Nama Ini Dipastikan Gugur

Alasan kedua, PKB di bawah kepemimpinan Cak Imin juga dinilai telah sukses membantu penyelesaian masalah nasional.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved