Breaking News:

Potensi Gempa & Tsunami di Selatan Jawa Tetap Ada, BPBD Pacitan Minta Nelayan Tak Panik & Waspada

Potensi Gempa & Tsunami di Selatan Jawa Tetap Ada, BPBD Pacitan Minta Nelayan Tak Panik & Waspada.

Penulis: Rahadian Bagus | Editor: Sudarma Adi
SURYA/RAHADIAN BAGUS
Pantai Kasap, Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Pacitan 

TRIBUNJATIM.COM, PACITAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan mengimbau agar nelayan dan masyarakat, khususnya yang tinggal di pesisir pantai Pacitan agar tak panik dengan informasi mengenai potensi gempa dan tsunami di kawasan Pantai Selatan Jawa.

Informasi itu disampaikan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) berdasarkan kajian yang bersumber dari referensi Buku Peta Sumber Gempa 2017 Pusat Studi Gempa Nasional (PuSGeN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Satu Jamaah Haji Asal Pacitan Wafat di Madinah, Alami Kekurangan Cairan Akut

Dinkes Kota Malang Pastikan Tak Ada Warganya Terserang Hepatitis A Seperti di Pacitan: Nihil

Status KLB Hepatitis A di Pacitan Belum Dicabut, Dinkes Jatim Sebut Tak Ada Tambahan Penderita Baru

Kepala BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo, mengatakan masyarakat diingatkan untuk tak khawatir, tetapi tetap waspada terhadap potensi ini.

"Potensi tsunami itu kami nggak bisa mengatakan secara pasti. Tetapi nelayan perlu memahami bahwa kita hidup di wilayah yang rentan terhadap potensi adanya bencana, karena berada di kawasan cincin gunung berapi," kata Didik saat dikonfirmasi.

Ia mengatakan, informasi mengenai potensi terjadinya tsunami memang perlu ditanamkan kepada masyarakat, agar nelayan ataupun masyarakat di kawasan pesisir senantiasa waspada.

"Artinya bahwa masyarakat harus paham kita hidup di wilayah seperti itu, sehingga perlu menyiapkan diri sendiri lingkungan dan masyarakat," paparnya.

Untuk diketahui, selama sepekan terakhir, kabar gempa yang berpotensi tsunami di Pantai Selatan Jawa, ramai diperbincangkan publik.

(Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membenarkan kabar gempa yang berpotensi tsunami di Pantai Selatan Jawa. Informasi itu disampaikan melalui berbagai akun media sosial BMKG.

Tak hanya membenarkan kabar gempa yang berpotensi tsunami di Pantai SelatanJawa, BMKG juga mengimbau masyarakat agar tidak cemas dan takut.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved