Pemkab Sidoarjo Gelar Kontes Ternak Sapi dan Kambing, Ada Sapi Ekstrim Seberat 1132 Kg

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menggelar Kontes Ternak dan Expo Peternakan 2019.

Pemkab Sidoarjo Gelar Kontes Ternak Sapi dan Kambing, Ada Sapi Ekstrim Seberat 1132 Kg
Tribunjatim/kukuh kurniawan
Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah saat melihat pemenang sapi kategori ekstrim di acara Kontes Ternak dan Expo Peternakan 2019, Rabu (7/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menggelar Kontes Ternak dan Expo Peternakan 2019.

Acara sendiri digelar di halaman Puspa Agro yang terletak di Jalan Sawunggaling 177 - 183, Jemundo, Taman, Sidoarjo.

Acara tersebut diikuti puluhan peternak yang berasal dari 18 kecamatan yang ada di Sidoarjo. Dan saling beradu memamerkan hewan terbaiknya.

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah mengatakan pihaknya selalu menggelar kontes seperti ini tiap tahunnya.

"Biasanya kita gelar sebelum hari raya kurban. Karena pada saat itu, banyak peternak sebelum memasarkannya terlebih dahulu diikutkan kontes," ujarnya kepada TribunJatim.com, Rabu (7/8/2019).

Ia berharap melalui acara tersebut, para peternak dapat makin termotivasi dan semakin bagus dalam mengembangkan hewan ternaknya.

Sementara itu, Kabid Produksi Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sidoarjo, drh.Tony Hartono menjelaskan ada 6 kategori untuk hewan sapi. Sedangkan untuk hewan kambingnya juga ada 6 kategori.

"Enam kategori hewan sapi adalah Sapi Induk PO, Sapi Induk Hasil IB, Sapi Calon induk IB, Sapi Calon Induk Perah, Sapi Kereman Hasil Persilangan IB, dan Sapi Ekstrim. Sedangkan untuk kambing adalah Kambing PE Jantan, Kambing PE Betina, Domba Ekor Gemuk Jantan, Domba Ekor Gemuk Betina, Kambing Kacang Jantan dan terakhir adalah Kambing Kacang Betina," terangnya kepada TribunJatim.com.

Hidangan Idul Adha - Resep Sop Daging Sayur, Bumbu Dihaluskan Agar Meresap dalam Daging Kurban

Jokowi Sebut 3 Wilayah Ini Cocok Sebagai Calon Ibu Kota Baru, Lokasi Manakah Pilihan Presiden?

Pelaku Penipuan Penggadaan Uang di Situbondo Dibekuk Polisi di Rumahnya, Berawal dari Aduan Korban

Tony menambahkan, dari setiap kategori akan menghasilkan para pemenang juara satu, dua, dan tiga.

"Dan untuk pemenang dengan kategori paling bergengsi yaitu Sapi Ekstrim didapatkan oleh peternak asal Jeruk Gamping, Krian yaitu Saiful Fuad. Dengan sapi unggulannya yang berbobot mencapai 1132 kg," pungkasnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved