Dipenuhi Sampah, OPD Gresik Ramai-ramai Bersihkan Sampah di Pantai Lumpur

Gabungan organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Gresik bersama-sama membersihkan sampah di muara sungai Kelurahan Lumpur Kecamatan Gresik.

Dipenuhi Sampah, OPD Gresik Ramai-ramai Bersihkan Sampah di Pantai Lumpur
sugiyono/surya
Gabubgan OPD dan masyarakat Kelurahan Lumpur dalam membersihkan lingkungan di pantai Lumpur, Jumat (9/8/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Gabungan organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Gresik bersama-sama membersihkan sampah di muara sungai Kelurahan Lumpur Kecamatan Gresik.

Kebersihan lingkungan tersebut diharapkan bisa ikut dijaga oleh masyarakat sekitar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gresik M Najikh mengatakan, tim gabungan OPD dan Muspika Gresik gotong royong membersihkn lingkungan di dekat pantai dan balai nelayan Balai Pesusuan, Kelurahan Lumpur Kecamatan Gresik.

Gabungan OPD tersebut yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU-TR), DPU-PERKIM, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Muspika Gresik dann masyarakat sekitar lokasi.

Dari kerjabakti membersihkan lingkungan itu, banyak ditemukan sampah rumah tangga dan khususnya sampah plastik yang dibuang sembarangan.

"Tadi kebanyakan ditemukan banyak sampah rumah tangga. Seperti plastik dan bahan-bahan kain," kata Najikh kepada Tribunjatim.com, Jumat (9/8/2019).

Sampah plastik tersebut diduga juga dari laut saat terjadi air pasang. Kemudian, sampah plastik dan lain-lainnya tertinggal saat air laut surut. Jadi, peran aktif masyarakat sekitar sangat penting agar tidak membuang sampah sembarangan.

Dampak pembuangan sampah plastik sembarangan tersebut dipastikan akan merusak lingkungan dan ekosistem laut. Sebab, sampah plastik tidak bisa terurai.

Jelang Hari Raya Idul Adha, KAI Daop 8 Surabaya Siapkan Kereta Api Tambahan, Berikut Daftar Rutenya!

Lupa Mematikan Tungku, Rumah Warga Tanggulkundung Tulungagung Ludes Terbakar

Rumah di Kenjeran Surabaya Terbakar, Kakek Berusia 70 Tahun Tewas

"Keberhasilan lingkungan harus melibatkan masyarakat, untuk sama-sama menjaga kebersihan lingkungan," katanya kepada Tribunjatim.com.

Selama ini, di sekitar pantai Lumpur Kecamatan Gresik, sudah disediakan tempat pembuangan akhir (TPA). Namun, karena banyaknya sampah plastik yang terbawa arus ombak dan pembuangan sampah sembarangan mengakibatkan pantai Lumpur menjadi kumuh.

Oleh karena itu, di bulan Agustus dalam memperingati hari ulang tahun (HUT) Ke 74 Republik Indonesia, masyarakat sekitar pantai Lumpur Kecamatan Gresik diajak gotong royong membersihkan lingkungan.

"Kalau kerja bakti gotong royong membersihkan lingkungan jadi ringan," kata Abdul Mufid, remaja Kelurahan Lumpur. (Sugiyono/Tribunjatim.com)

Penulis: Sugiyono
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved