Kongres PDIP

8 Kader PDIP Jawa Timur Masuk Kepengurusan DPP, Bukti Jatim Jadi Barometer Stok Pemimpin Nasional

Delapan kader PDIP dari Jawa Timur mendapatkan mandat untuk mengisi jabatan struktural di DPP PDIP dari hasil Kongres V PDIP di Bali.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini saat hadiri The 13th Asia-Pacific Hospice and Palliative Care Conference (APHC), di Grand City Surabaya, Jumat (2/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Delapan kader PDIP dari Jawa Timur mendapatkan mandat untuk mengisi jabatan struktural di DPP PDIP dari hasil Kongres V PDIP di Bali pada 8-11-Agustus 2019.

Satu yang cukup menyedot perhatian adalah masuknya Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini dalam struktur DPP PDIP yaitu sebagai Ketua Bidang Kebudayaan.

Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Surokim Abdussalam menilai, dengan masuknya delapan kader PDIP Jawa Timur ke dalam formatur yang jumlahnya 27 jabatan itu membuktikan jika Jawa Timur merupakan barometer stok pemimpin di level nasional.

DPC PDIP Kota Malang Salurkan Satu Ekor Sapi Kurban ke Masjid Agung Jami Kota Malang

Tidak Masuk Struktur DPP PDIP, Nasib Bambang DH Tunggu Pembentukan Kabinet

Selain itu, hal ini juga sebagai bukti bahwa pengkaderan PDIP di Jawa Timur juga berjalan baik.

Di sisi lain, Surokim Abdussalam melihat, PDIP ingin menguatkan basisnya di Jawa Timur, mengingat Pulau Jawa termasuk Jawa Timur selalu menjadi daerah prioritas pemenangan yang akan mempunyai multiefek bagi daerah lain.

"Ya saya pikir secara geopolitik dan simbolik, Jatim teramat penting bagi PDIP," ucap Surokim Abdussalam yang juga peneliti Surabaya Survey Center (SSC) ini, Minggu (11/8/2019).

Lebih lanjut, kemenangan PDIP di Pileg 2019 di Jawa Timur semakin membuka wacana PDIP bisa melakukan penetrasi terhadap pemilih religius dan millennial yang selama ini masih menjadi tantangan berat PDIP.

Jadi Ketua DPP PDIP Bukti Risma Punya Kedekatan dengan Megawati, Bakal Naik Kelas Politisi Nasional

Kongres PDIP Turut Bahas Intoleransi dan Radikalisme, Djarot: Bisa Memecah Belah Bangsa

"Jatim unik, karena kombinasi antara kekuatan nasionalis religius dan 2 kelompok sasaran ini memang menjadi tantangan berat bagi PDIP. Makanya PDIP bisa menang di Jatim itu mengejutkan," ucapnya.

Berikut ini delapan kader PDIP Jawa Timur yang masuk struktur DPP PDIP hasil Kongres V PDIP di Bali:

Halaman
12
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved