Hari Kemerdekaan RI

3 Narapidana Kasus Korupsi di Lapas Wanita Klas II A Malang Dapat Remisi Hari Kemerdekaan RI ke-74

Tiga narapidana kasus korupsi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wanita Klas II A Malang mendapatkan pengurangan masa tahanan Hari Kemerdekaan RI ke-74

3 Narapidana Kasus Korupsi di Lapas Wanita Klas II A Malang Dapat Remisi Hari Kemerdekaan RI ke-74
TRIBUNJATIM.COM/AMINATUS SOFYA
Bupati Malang, Sanusi yang didaulat memberikan SK remisi kepada narapidana di Lapas Wanita Klas II A Malang, Sabtu (17/8/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aminatus Sofya

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Tiga narapidana kasus korupsi yang ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wanita Klas II A Malang mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan di Hari Kemerdekaan RI ke-74.

Tiga narapidana itu adalah mantan pejabat pengadaan barang dan jasa perawatan kendaraan bermotor di Dinas Pasar Kota Malang Wiwik Dwi Setyowati, mantan pejabat di Dinas Koperasi dan UKM Kota Batu Mimin Sulasmini serta mantan Lurah Sedayu, Kabupaten Malang Lies Indra Cahya.

Kepala Lapas Wanita Klas II A Malang, Ika Yusanti menuturkan besaran remisi yang diterima para narapidana kasus korupsi tersebut berbeda satu dan lainnya. Wiwik misalnya, mendapat pengurangan masa tahanan 3 bulan. Sementara Mimin dan Lies memperoleh pengurangan masa tahanan selama 2 bulan.

"Remisi yang diberikan ini adalah remisi pertama mereka," tutur Ika, Sabtu (17/8/2019).

Belum Mau Tunduk pada NKRI, Istri Jendral Teroris Poso Tak Dapat Remisi Hari Kemerdekaan RI ke-74

13 Penghuni Lapas Jombang Dapat Remisi Bebas, 360 Lainnya Dipotong Masa Hukuman

Ia menambahkan tiga narapidana kasus korupsi ini telah memenuhi persyaratan pengajuan remisi. Persyaratan yang dimaksud diantaranya menjalani hukuman lebih dari tiga perempat vonis, berkelakuan baik serta mendapat rekomendasi dari penyidik yang menangani kasusnya.

"Jika misal yang menangani korupsinya KPK, maka penyidik ini memberikan pernyataan bahwa narapidana tersebut kooperatif selama penyidikan," ucapnya.

Sebetulnya kata Ika, ada lima lagi narapidana kasus korupsi yang dihukum di Lapas Wanita Klas II A Malang. Mereka adalah Asia Iriani, Erni Farida, Diana Yanti, Wiwik Hendri Astuti dan Sulik Lesyowati.

Kelimanya ini adalah mantan anggota DPRD Kota Malang yang pada 2018 lalu dijebloskan KPK karena menerima suap APBD-P tahun 2015.

Ika menyebut lima mantan anggota DPRD Kota Malang yang terjerat kasus korupsi itu tak mendapatkan remisi pada Hari Kemerdekaan tahun ini.

"Tidak dapat remisi karena mereka belum membayar uang denda dan tidak diberi rekomendasi sama penyidik KPK," terangnya.

Dari 598 tahanan yang menghuni Lapas Klas II A Malang, sebanyak 412 diantaranya mendapatkan remisi. Dari hadiah itu, narapidana atas nama Ayu Novanti dapat langsung menghirup udara bebas.

Penulis: Aminatus Sofya
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved