Warga Lansia Jajal Simulasi Pilkades Pakai Teknologi E-Voting, 'Tidak Ada Sulitnya'

Sempat dinilai bakal menyusahkan, E-Voting terbukti diakui warga lansia lebih mudah digunakan dalam simulasi Pilkades E-Voting Magetan

Warga Lansia Jajal Simulasi Pilkades Pakai Teknologi E-Voting, 'Tidak Ada Sulitnya'
SURYA/DONI PRASETYO
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Eko Wuryanto SIP MSi memandu warga lanjut usia (Lansia) di simulasi Electronic Voting (E-Voting), di balai Desa Baron, Kecamatan/Kabupaten Magetan. 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Electronic Voting (E-Voting) menjadi inovasi baru permudah proses pemungutan suara dalam pemilihan umum.

Teknologi ini sempat 'digoreng' masyarakat dinilai bakal memangkas hak suara kaum lanjut usia (Lansia) dan petani yang dinilai belum mengenal komputerisasi.

Namun, isu itu akhirnya terpatahkan setelah simulasi yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, lewat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) setempat.

Para warga lanjut usia (Lansia) dan petani justru mengaku lebih menyenangi dan menganggap mudah sistem E Voting daripada sistem manual sebelumnya.

(Ketua Komisi KPU RI Arief Budiman Ucapkan Terimakasih Pelaksanan Pemilu di Jatim Aman)

"Tidak ada sulitnya, saya lebih senang sistem E-Voting daripada sistem manual seperti di Pilpres dan Pileg kemarin,"ujar Sardi (65), warga Panekan, Kabupaten Magetan, seusai menjajal e-voting.

Pengakuan lansia ini pun menepis kekhawatiran warga pedesaan dan kaum lanjut usia (lansia) di Kabupaten Magetan, terkait pemakaian sistem E-Voting di sejumlah desa pada Pilkades serentak mendatang.

Kaum lansia dan petani pada kesempatan ini sangat antusias menjajal teknologi E-Voting.

Pada simulasi ini, para peserta menjajal proses pemungutan suara melalui E-voting dengan menggunakan gambar buah-buahan.

Hasilnya, 150 suara terakomodir hanya dalam 1 jam.

"kekhawatiran sejumlah pihak terkait partisipasi masyarakat yang berusia lanjut untuk bisa mengunakan sistem ini, tidak lagi menjadi masalah,"ujar Kepala Dinas PMD Eko Muryanto SIP MSi.

(Alasan DDinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Malang akan Majukan Pelantikan Kades Terpilih Pilkades Serentak 2019)

Halaman
12
Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved