Kolaborasi Provider Telkomsel Bersama Bluebird Sukses Menghadirkan Internet of Things dan UMB

paya Telkomsel dalam memperkuat komitmennya dalam melakukan digitalisasi di berbagai industri, satu di antaranya melalui penerapan teknologi IoT.

Kolaborasi Provider Telkomsel Bersama Bluebird Sukses Menghadirkan Internet of Things dan UMB
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Perkuat Digitalisasi, Telkomsel Dan Bluebird Jalin Kerja Sama Terapkan IoT, Selasa (27/8/2019) 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Upaya Telkomsel dalam memperkuat komitmennya dalam melakukan digitalisasi di berbagai industri, satu di antaranya melalui penerapan teknologi Internet of Things (IoT).

Hal itu sejalan dengan komitmen Telkomsel dalam memperkuat digitalisasi.

Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini mengatakan, bersama Bluebird, Telkomsel tidak hanya mengintegrasikan layanan IoT saja.

"Selain mentransformasi operasional taksi Bluebird menjadi berbasis IoT, Telkomsel juga turut menyediakan akses khusus yaitu UMB (USSD Menu Browser) khusus bagi pengemudi taksi Bluebird untuk melakukan top-up paket data dari Telkomsel," katanya, Selasa (27/8/2019).

Bluebird Gandeng Telkomsel Hadirkan Taksi Basis Internet of Things, Akan Diterapkan di 10 Ribu Taksi

Perkuat Digitalisasi, Telkomsel dan Bluebird Jalin Kerja Sama Terapkan Internet of Things

Diterangkan Emma, UMB (USSD Menu Browser) sendiri adalah sebuah teknologi GSM yang sering digunakan sebagai akses layanan tambahan.

Cara aksesnya USSD biasanya diawali dengan tanda bintang (*) ataupun tanda pagar (#), kemudian diikuti serangkain angka lalu diakhiri dengan bintang (*) ataupun tanda pagar (#).

Adanya, lanjut Emma, dua layanan dan solusi digital yang komprehensif dan berkelanjutan itu, merupakan bagaian dari komitmen Telkomsel dalam mengakselerasikan ekosistem digital di Indonesia.

Emma juga mengatakan, semoga kolaborasi antara Telkomsel dengan Bluebird dalam menghadirkan dua layanan ini dapat menginspirasi berbagai industri lainnya dalam mengimplementasikan teknologi digital.

"Hal itu diwujudkan karena demi penguasaan teknologi menjadi kunci penentu bagi Indonesia untuk bisa bersaing di era Industri 4.0." tutup Emma.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved