Perkuat Digitalisasi, Telkomsel dan Bluebird Jalin Kerja Sama Terapkan Internet of Things

Sebagai upaya dalam mengakselerasikan negeri, Telkomsel menerapkan teknologi Internet of Things (IoT).

Perkuat Digitalisasi, Telkomsel dan Bluebird Jalin Kerja Sama Terapkan Internet of Things
ISTIMEWA
Kerja Sama Bluebird dan Telkomsel Hadirkan Taksi Berbasis IoT. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sebagai upaya dalam mengakselerasi negeri, Telkomsel terus bergerak maju memperkuat komitmennya dalam melakukan digitalisasi di berbagai industri, salah satunya melalui penerapan teknologi Internet of Things (IoT).

Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini mengatakan, kali ini, komitmen tersebut Telkomsel wujudkan melalui kolaborasi bersama Bluebird dengan mengintegrasikan layanan IoT terdepan dari Telkomsel pada armada taksi Bluebird.

"Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pada Senin 26 Agustus 2019 di Jakarta," katanya, Selasa (27/8/2019).

145 Hewan Kurban Dibagikan Telkomsel Jawa-Bali di Hari Raya Idul Adha, Ini 141 Titik Pembagiannya!

Telkomsel Jawa Bali Ajak 15 CEO Perusahaan Besar di Surabaya Berbincang dalam Coffee Morning

Emma menyebut, Telkomsel bangga dapat menghadirkan solusi inovatif berbasis Internet of Things di industri transportasi bagi Bluebird.

"Implementasi IoT Telkomsel ke dalam ekosistem digital Bluebird merupakan perwujudan komitmen kami dalam mendukung visi Making Indonesia 4.0 dari pemerintah," lanjutnya

Dalam kolaborasinya dengan Bluebird, Telkomsel menghadirkan IoT Control Center, solusi cloud-based yang aman dan terpercaya untuk melakukan manajemen perangkat IoT.

IoT Control Center mampu memberikan visibilitas dan keamanan aset perusahaan, menjaga kualitas layanan, memastikan kinerja perangkat selalu optimal, serta memprediksi biaya pengeluaran.

Tidak hanya itu saja, IoT Control Center juga mampu memperkuat sebuah ekosistem IoT secara menyeluruh melalui berbagai perangkat yang saling terkoneksi di dalam jaringan Bluebird.

Salah satu contoh berbagai perangkatnya adalah, lanjut Emma, seperti misalnya IoT Bluebird yang akan menjadi solusi pengganti Fleety, sebagai perangkat penghitung argo serta penerima pesanan berbasis jaringan 2G yang selama ini dipakai di armada Bluebird

Perangkat IoT Bluebird akan didukung oleh jaringan 4G LTE Telkomsel, sebagai perangkat komputer multi-fungsi yang terpasang di semua tipe armada Bluebird lengkap dengan fitur seperti argo meter untuk taksi, pengiriman order penumpang, pelacakan posisi (GPS), komunikasi dengan penumpang dan operator pusat, termasuk pembayaran.

"Perangkat ini juga terhubung langsung dengan kendaraan sehingga mampu membaca data-data vital dari kondisi kendaraan dan mengirimkannya langsung ke sistem aplikasi Bluebird," jelasnya.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved