Tingkatkan Pelayanan Publik, 189 Desa di Banyuwangi Teraliri Fiber Optik

Pemkab Banyuwangi terus mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik hingga ke desa-desa lewat program ”Smart Kampung”.

Tingkatkan Pelayanan Publik, 189 Desa di Banyuwangi Teraliri Fiber Optik
SURYA/HAORRAHMAN
Pemkab Banyuwangi terus mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik hingga ke desa-desa lewat program ”Smart Kampung”, Rabu (4/9/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi terus mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik hingga ke desa-desa lewat program ”Smart Kampung”.

Sejak diresmikan Menkominfo Rudiantara pada Mei 2016, saat ini, 189 desa di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu sudah teraliri internet berbasis serat optik atau fiber optik.

”Salah satu indikator Smart Kampung adalah pelayanan publik dengan pendekatan teknologi informasi, selain juga soal pengembangan ekonomi desa dan pengentasan kemiskinan,” ujar Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Rabu (4/9/2019).

Dengan program itu pula, lanjut Abdullah Azwar Anas, saat ini inovasi tumbuh subur.

Desa-desa berlomba menampilkan inovasinya.

5 Fakta Rowo Bayu Banyuwangi yang Dikaitkan Cerita KKN di Desa Penari, Ada Petilasan Raja Blambangan

Festival Kampung Digital Banyuwangi, Pamerkan Inovasi Desa Mulai Pelayanan hingga Ekonomi Kreatif

”Ini membuat warga desa semakin mudah dan murah dalam mengakses layanan publik. Kami targetkan ini terus meningkat, kami mengeceknya lewat survei kepuasan publik yang dilakukan per enam bulan,” ujar Abdullah Azwar Anas.

Sejumlah inovasi desa pun ditampilkan dalam Festival Kampung Digital, Selasa (3/9/2019) hingga Rabu (4/9/2019).

Festival ini memamerkan berbagai kemajuan desa hasil inovasi berbasis digital, mulai sektor pelayanan publik, pelayanan kesehatan, hingga ekonomi kreatif.

Salah satu inovasi yang ditampilkan adalah layanan KIOSK milik Desa Kaligung, Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi, yang memuat layanan data dan informasi tentang kependudukan, kesehatan, dan pendidikan.

Dengan sistem ini, warga bisa melakukan layanan mandiri untuk berbagai keperluan hanya dengan memindai KTP pada perangkat yang disediakan.

Kedubes RI di Kanada akan Promosikan Pariwisata Banyuwangi

Banyuwangi dan PLN Bakal Konversi Kompor Induksi Buat UMKM, Hemat Energi dan Ramah Lingkungan

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved