Ini Alasan Utama Sansevieria Ditanam di Sepanjang Jalan Protokol Surabaya

Kalau melintas di jalan raya Surabaya, pengguna jalan akan disapa tanaman unik sansevieria. Untuk apa sebenarnya tanaman hias

Ini Alasan Utama Sansevieria Ditanam di Sepanjang Jalan Protokol Surabaya
Nuraini Faiq/surya
Sejumlah kendaraan melintas di antara Deretan Pot kaleng yang ditanami Sansevieria di Jalan Gubeng Pojok Surabaya, Jumat (6/9/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kalau melintas di jalan raya Surabaya, pengguna jalan akan disapa tanaman unik sansevieria. Untuk apa sebenarnya tanaman hias yang dianggap tidak menarik bagi kebanyakan orang ini?

Tapi oleh Pemkot Surbaya semua disulap menjadi penuh manfaat. Bahkan saat ini makin masif penanaman bunga Sansevieria atau lidah mertua di hampir jalan protokol Surabaya.

Jalan raya di Kota yang dipimpin Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini ini hampir semua berhias bunga lidah mertua tersebut.

Banyak pengguna jalan hanya menduga bahwa Sansevieria itu hanya sebagai penghias jalan. Kok Hampir semua jalan dihias lidah mertua.

Saat Surya melintas di ujung jalan Wali Kota Mustajab tidak jauh dari Balai Kota Surabaya Jumat (6/9/2019) sudah disapa tanaman lidah mertua yang eksotik. Tanaman runcing seperti pedang ini ditanam di pot kaleng di tepi jalan raya.

Bahkan tidak hanya satu deret, namun kini sudah ditanam di deret susun. Memanfaatkan pagar pembatas jalan dan meletakkan kaleng bekas cat di jalan yang sama.

"Saat ini kami sudah menanam lidah mertua lebih dari 25.000 kaleng pot di tepi jalan raya. Terutama yang padat kendaraan dan macet. Tidak hanya estetika kota jadi cantik, tapi tanaman ini bisa meresap racun dan karbon zat buang kendaraan," jelas Sekertaris Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya Ipong Wisnu.

Yang menarik, kaleng-kaleng itu adalah kaleng bekas yang kemudian dihias cat warna warni. Lidah mertua itu ditanam persis di tepi tengah jalan raya. Memanjang sepanjang jalan raya.

Hotman Paris Singgung Soal Bau Pesing, Sang Pengacara Minta Kesaksian Vanessa Angel: Harum Gak Gue?

Cita Citata Pacari Pria Blasteran Indonesia-Belanda, Sudah Serius Ingin Bicara dengan Keluarga Roy

Jihandak Brimob Polda Jatim Evakuasi Bom Sisa Perang Dunia II di Tulungagung, Masih Bisa Meledak

Seperti yang tampak di Jl Wali Kota Mustajab depan Grand City hingga Jl Gubeng Pojok. Lidah mertua itu sudah tumbuh subur dan cantik. Begitu juga di jalan-jalan besar lain juga banyak ditanami Sansevieria ini.

Tanaman lidah mertua memang memiliki manfaat plus. Selain menyerap racun kendaraan dari zat buang, Tanaman ini Dapat menyerap bahan beracun seperti karbondioksida, benzene, formaldehydem dan trichloroethylene.

Pengguna jalan mengaku salut dengan inovasi lingkungan di Surabaya.

"Bagus, malah pot Sansevieria nya tumpuk di Gubeng Pojok. Itu apa tidak takut jatuh potnya. Bisa kena mobil kalau pot kaleng itu jatuh," kata Anita kepada Tribunjatim.com.

Namun Ipong menjamin bahwa pot kaleng Sansevieria itu tidak akan jatuh dari pot. Sebab semua pot kaleng itu dibaut atau disekrup dengan plat logam. Nempel dengan pagar. (Faiq/Tribunjatim.com)

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved