Gubernur Khofifah Dukung IWAPI Bikin Market Place Sendiri, Optimistis Kuatkan Ekonomi di Era Digital

Gubernur Khofifah mendukung langkah IWAPI untuk membuat market place sendiri dalam hal mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri Rakernas Iwapi ke 29 di Hotel Mercure, Surabaya, Selasa (10/9/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendukung langkah Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) yang bertekad untuk membuat market place sendiri untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Pasalnya, tekad tersebut menjadi salah satu dari Rakernas Iwapi ke 29 yang dihelat di Surabaya, Selasa (10/9/2019).

Menurut Khofifah dengan memiliki market place sendiri maka para pelaku usaha akan terfasilitasi dalam memasarkan produk usahanya.

"Yang menjadi target dunia saat ini adalah no one live behind. Jadi di mana betul-betul perempuan semua akan terangkat ada yang bisa mandiri secara ekonomi lalu kemudian juga memandirikan orang lain," kata Khofifah.

Janji Buat Kantor Dagang di Manokwari dan Penajam Paser Utara, Gubernur Khofifah Tantang Iwapi

Perempuan saat ini, menurut Khofifah harus memiliki semangat bukan sekadar dirinya yang mandiri tapi juga orang lain.

Membuka peluang bekerja bagi yang lain kalau perempua  tersebut mempunyai kemampuan dia juga akan memandirikan pemampuan kepada orang lain.

"Jadi Rakernas ke 29 menurut saya posisinya sangat strategis apalagi tema yang diangkat bagaimana revolusi industri 4.0 di kalangan pengusaha perempuan dan didalamnya ada rencana untuk membuat marketplace. Yang kita inginkan adalah bagaimana memberikan layanan ekonomi yang makin mudah makin murah makin cepat," ucap Khofifah.

Jika Iwapi sudah punya market place maka akan ada satu induk.

Yang nantinya bisa diakses semua anggota yang ada di dalamnya.

Dalam market place ini bisa dibuat brand sendiri dan mendirikan kantor di satu daerah kemudian mendirikan kantor cabang di daerah lain.

"Apakah ketua umum Iwapi akan memulai market place induknya di Jakarta kemudian cabang keduanya ada di Jawa Timur, misalnya. Karena kita punya peluang besar. Pertama bahwa Pak Menperin sudah menjadikan Jawa Timur salah satu dari pilot project provinsi untuk  Making Indonesia  4.0," katanya.

Khofifah Kenalkan Mobile Training Unit di Bursa Kerja Jatim Expo, Sediakan 5 Jenis Training Keliling

Kedua, keuatan Jawa Timur yang lain adalah rencana diresmikannya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singasari.

Yang keunggulannya KEK Singasari ini adalah satu-satunya KEK yang punya Cluster Digital IT.

Khofifah berharap, dari Jawa Timur ini akan muncul status baru yang kemudian diikuti dengan munculkn start up unicorn dari Jawa Timur.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved