Kasus Remaja Pembunuh Begal di Ladang Tebu Gondanglegi, Tersangka Tak Ditahan Polisi

Polres Malang pastikan tidak menahan ZA warga Desa Putat Lor, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, Rabu (11/9/2019).

Kasus Remaja Pembunuh Begal di Ladang Tebu Gondanglegi, Tersangka Tak Ditahan Polisi
Istimewa
Satreskrim Polres Malang: Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung saat mengintrogasi tersangka ZA dan Ahmad (22) serta kakaknya Rozikin (25) pelaku begal, Selasa (10/9/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, KEPANJEN - Polres Malang pastikan tidak menahan ZA warga Desa Putat Lor, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, Rabu (11/9/2019).

Remaja berusia 17 tahun itu sempat ditangkap Polres Malang, Senin (10/9/2019) kemarin, diduga sebagai sosok pembunuh pria yang jasadnya ditemukan di sebuah ladang tebu.

“Kami sudah putuskan kemarin untuk tidak ditahan. ZA statusnya masih pelajar," ucap Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung

" Selain itu juga pertimbangan alasan pembelaan diri dalam melakukan perbuatannya,” ujar Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung ketika dikonfirmasi, Rabu (11/9/2019).

(Bom Latih Pesawat Sukhoi Jatuh di Kebun Tebu Dusun Krajan Lumajang, Keluarkan Asap)

Kendati begitu, Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung menyatakan ZA harus menjalani wajib lapor.

"Akan diatur jadwalnya. Wajib lapor iya. Jadwalnya kami atur supaya tidak mengganggu jadwal sekolah," ungkap Ujung.

Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung mengungkapkan, ZA kala itu mengaku terpaksa melakukan penikaman pada seorang pria pada Minggu (8/9/2019) malam.

Menurut ZA, dia melakukan pembelaan diri karena akan menjadi korban begal.

Tapi, sebagaimana Noodweer pasal 49 KUHP, hanya hakim yang berwenang memutuskan perbuatannya masuk kategori pembelaan diri atau tidak.

“Perlu dilihat apakah ada serang lebih dulu atau tidak. Proporsional antara serangan dan pembelaan diri. Serta non subtitusi, artinya tidak ada pilihan lain saat peristiwa terjadi, misalnya dibunuh atau membunuh," ucap Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung.

Halaman
123
Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved