Rumah Politik Jatim

Demokrat Siap Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah se-Jatim, Targetkan Menang di 12 Wilayah

Partai Demokrat rencananya akan segera membuka pendaftaran calon kepala daerah jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020 mendatang.

Demokrat Siap Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah se-Jatim, Targetkan Menang di 12 Wilayah
SURYA.CO.ID/BOBBY CONSTANTINE KOLOWAY
Sekretaris DPD Demokrat Jatim, Renville Antonio bersama Ketua Bidang Pembinaan Organisasi Keanggotaan dan Kader (OKK) DPD Demokrat Jatim, Agung Mulyono saat dikonfirmasi di Surabaya beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Partai Demokrat rencananya akan segera membuka pendaftaran calon kepala daerah jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020 mendatang.

Saat ini, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Jatim tengah menunggu petunjuk organisasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Sekretaris DPD Demokrat Jatim, Renville Antonio menjelaskan bahwa berkaca pada pilkada serentak 2018 lalu, Demokrat melakukan penjaringan calon kepala daerah.

Saat itu, di Jatim ada 19 daerah yang melaksanakan pilkada, termasuk pemilihan Gubernur.

Herlina Harsono Didorong Maju Pilwali Surabaya 2020 Gantikan Risma, Tunggu Keputusan Demokrat

Proses penjaringan tersebut dilakukan di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) sekaligus di DPD.

"Saat itu, calon gubernur yang akan diusung Demokrat, juga harus mendaftar," kata Renville yang juga pernah menjabat Sekretaris pemenangan Khofifah-Emil di pemilihan gubernur 2018 lalu.

Menurutnya, mekanisme yang sama tak tertutup bisa juga dilakukan. Apalagi, pelaksanaan pilada masih menyisakan kurun waktu sekitar satu tahun.

"Sampai saat ini, Demokrat belum mengeluarkan peraturan organisasi tentang penjaringan calon kepala daerah," kata Renville.

Soal Pimpinan Komisi DPRD Jatim, Tiga Fraksi Sebut Target, Demokrat dan Golkar Belum Sepakat

Di luar penjaringan, Demokrat dapat melalui beberapa mekanisme lain. Di antaranya, melalui survei untuk melihat kapasitas masing-masing calon.  "Saat ini, kami sedang melakukan survei calon kepala daerah," katanya.

"Hal ini berlaku untuk seluruh DPC yang akan melaksanakan pemilihan tersebut," kata mantan Anggota DPRD Jatim tiga periode ini.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Bidang Pembinaan Organisasi Keanggotaan dan Kader (OKK) DPD Demokrat Jatim, Agung Mulyono menyebut akan memprioritaskan kader internal di 12 daerah.

"Dari 19 daerah yang melaksanakan pilkada, kami mendapat lebih dari lima kursi DPRD di 12 daerah di antaranya," kata dr Agung.

Partai Demokrat Tunjuk Achmad Iskandar sebagai Wakil Ketua DPRD Jawa Timur

"Dengan perolehan sebanyak itu, Demokrat seharusnya memiliki nilai tawar lebih dalam mengusung calon. Bukan hanya untuk mengusung kader eksternal, tentu kami juga berharap bisa mengusung kader dari internal," katanya.

Untuk diketahui, sebanyak 19 daerah akan melakukan pilada serentak 2020 mendatang. Beberapa di antaranya adalah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Ponorogo, hingga Pacitan.

Langkah Demokrat dinilai memiliki pengaruh kuat di Jatim. Mengingat, Demokrat juga pernah dipimpin oleh Gubernur Jatim dua periode, Soekarwo.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Adi Sasono
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved