Negara Kawasan ASEAN Menjadi Tujuan Utama Ekspor Nonmigas Indonesia, Disusul Jepang dan AS

adan Pusat Statistik Jawa Timur menyatakan kawasan negara ASEAN masih menjadi tujuan utama ekspor nonmigas Jawa Timur pada pertengahan tahun 2019.

TRIBUNJATIM.COM/FIKRI FIRMANSYAH
Satrio Wibowo selaku kabid distribusi statistik BPS Jatim saat menjelaskan perkembangan ekspor nonmigas di jatim kepada TribunJatim.com, Senin (16/9/2019) di Kantor BPS Jatim Jalan Raya Kendang Sari. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur menyatakan kawasan negara ASEAN masih menjadi tujuan utama ekspor nonmigas Jawa Timur pada pertengahan tahun 2019 khususnya bulan Juli dan Agustus.

Satrio Wibowo selaku Kabid Distribusi Statistik BPS Jatim mengatakan, jika dilihat menurut negara tujuan utama ekspor nonmigas, Jepang adalah negara tujuan utama ekspor Jawa Timur bulan Agustus 2019, disusul ke Amerika Serikat, dan Tiongkok.

"Selama bulan Agustus, ekspor nonmigas Jawa Timur ke Jepang mencapai USD 265,84 juta, sedangkan ekspor ke Amerika Serikat, dan Tiongkok berturut-turut mencapai USD 231,42 juta dan USD 198,30 juta," kata Satrio, Senin (16/9/2019) di Kantor BPS Jatim.

Biaya Pendidikan SMA, SMP, dan SD Jadi Penyumbang Tertinggi Inflasi Agustus 2019 di Jember Versi BPS

Data BPS Jatim, Perekonomian Jawa Timur pada Triwulan II Tahun 2019 Tumbuh Sebesar 5,72 Persen

BPS Nilai Ekspor Nonmigas & Migas Jatim Alami Penurunan Selama Pertengahan 2019 Ini

Bahkan, lanjut Satrio, sebelumnya kawasan negara ASEAN juga menjadi tujuan utama ekspor nonmigas Jawa Timur selama bulan Juli 2019.

"Selama bulan Juli 2019 kawasan asean merupakan tujuan ekspor non migas di Jatim dengan peranan sebesar 20,52 persen," ujarnya

Singapura menjadi negara utama dengan peranan 9,36 persen dari total ekspor nonmigas Jawa Timur, diikuti Malaysia dengan peranan sebesar 4,36 persen di Juli 2019.

"Sedangkan ekspor nonmigas bulan Juli, ke kawasan ASEAN sebesar USD 366,32 juta," ungkapnya.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved