Aksi Demo Ratusan Mahasiswa Geruduk DPRD Kediri, Tolak RUU KPK & KUHP, Fraksi DPRD Dukung Tuntutan

Aksi Demo Ratusan Mahasiswa Geruduk DPRD Kediri, Tolak RUU KPK & KUHP, Fraksi DPRD Dukung Tuntutan.

Aksi Demo Ratusan Mahasiswa Geruduk DPRD Kediri, Tolak RUU KPK & KUHP, Fraksi DPRD Dukung Tuntutan
SURYA/DIDIK MASHUDI
Ratusan massa mahasiswa yang menggelar aksi demo di depan Kantor DPRD Kota Kediri, Selasa (24/9/2019). 

Aksi Demo Ratusan Mahasiswa Geruduk DPRD Kediri, Tolak RUU KPK & KUHP, Fraksi DPRD Dukung Tuntutan

TRIBUNKEDIRI.COM, KEDIRI - Ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Kediri menggelar aksi demo di depan Kantor DPRD Kota Kediri.

Membludaknya mahasiswa yang menggelar aksi membuat Jl Mayor Bismo ditutup, Selasa (24/9/2019).

Tuntutan mahasiswa dari berbagai kampus ini senada yakni, Menolak RUU KPK karena dinilai melemahkan proses penanganan korupsi. Mengusut kebakaran hutan di Riau.

Coffee Station Tempat Nongkrong Baru di Kediri, Rumah Mangkrak Disulap Jadi Kedai Kopi Kekinian

Ririn dan Bayinya Dikubur Dalam Satu Liang Lahat di Kampung Halamannya Kediri

Pejabat Pemkot Kediri Berkomitmen Jalankan Gerakan Smart City

Tuntutan lainnya, Menolak RUU KUHP karena dinilai melemahkan demokrasi dan tidak memihak kepada masyarakat serta Menolak RUU Pertanahan karena dinilai tidak pro dengan rakyat kecil.

Peserta aksi datang secara bergelombang dari berbagai kampus dengan titik kumpul di depan Kantor DPRD Kota Kediri Jl Mayor Bismo.

Karena peserta aksi semakin banyak akhirnya polisi yang menjaga aksi menutup Jl Mayor Bismo dari pemakai jalan. Kendaraan besar dialihkan melalui jalur alternatif sehingga sempat membuat sejumlah titik jalan di Kota Kediri mengalami kepadatan.

Untuk mengamankan aksi ratusan mahasiswa ini aparat kepolisian mengerahkan ratusan personelnya dengan seragam PHH untuk berjaga di dalam dan di luar gedung dewan.

Malahan sebuah water canon juga disiapkan diparkir di tengah jalan. Namun aksi yang diikuti ratusan mahasiswa dari berbagai kampus berjalan kondusif.

Sementara anggota dewan dari semua fraksi juga bersedia menerima perwakilan mahasiswa sekaligus menyetujui tuntutan dan aspirasinya.

Perwakilan fraksi DPRD Kota Kediri yang hadir menemui perwakilan mahasiswa juga bersedia menggelar Sidang Paripurna membahas tuntutan mahasiswa. Selanjutnya tuntutan mahasiswa akan direkomendasikan kepada DPR RI.

Perwakilan fraksi yang ikut membubuhkan tanda tangan di antaranya, Soedjoko Adi dari Fraksi PDIP, Katino Fraksi Gerindra, Reza Darmawan Fraksi PAN, Ayub WH Fraksi Keadilan dan Ashari Fraksi Demokrat.

Amin, perwakilan mahasiswa yang melakuka orasi menyampaikan tuntutan mahasiswa dan masyarakat Kota Kediri telah diterima perwakilan semua fraksi. "Karena tuntutan kita sudah diterima dan dikirim ke DPR RI, setelah ini kita kembali ke kampus," ungkapnya.

Aksi demo ini melibatkan elemen mahasiswa dari Universitas Brawijaya kampus Kota Kediri, IAIN, UNP, Unik dan Uniska serta elemen mahasiswa lainnya.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved