Rekrutmen PPK dan PPS untuk Pilwali Kota Blitar 2020 Menggunakan Sistem Online

Perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Petugas Pemungutan Suara (PPS) di Pilwali Kota Blitar 2020 rencananya menggunakan sistem online.

Rekrutmen PPK dan PPS untuk Pilwali Kota Blitar 2020 Menggunakan Sistem Online
Surya/samsul hadi
Suasana kegiatan Reviu Tahap Kedua Penyusunan Anggaran Pilkada 2020 di kantor KPU Kota Blitar, Kamis (1/8/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Petugas Pemungutan Suara (PPS) di Pilwali Kota Blitar 2020 rencananya menggunakan sistem online.

Sekarang, KPU Kota Blitar sedang menyiapkan sistem rekrutmen PPK dan PPS secara online.

"Sebelumnya, perekrutan PPK dan PPS masih manual. Tes tulisnya berbasis kertas. Untuk Pilwali 2020 nanti, perekrutannya kami ganti secara online," kata Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam, Kamis (3/10/2019).

Umam mengatakan, saat ini, pegawai KPU sedang menyiapkan perangkat dan sistem perekrutan PPK dan PPS secara online. Termasuk membuat soal ujian yang akan dikerjakan para peserta seleksi secara online.

"Dengan sistem online ini, kami berharap proses perekrutan PPK dan PPS lebih transparan. Peserta bisa langsung mengetahui nilai hasil ujian. Sistemnya mirip dengan ujian CPNS sekarang ini. Selain itu, juga untuk mengurangi penggunaan kertas," ujar Umam.

Menurutnya, tidak semua daerah menerapkan perekrutan PPK dan PPS secara online. Sistem perekrutan PPK dan PPS tergantung kebijakan dari masing-masing KPU.

Jadi Kurir Sabu dari Malaysia, Pria Jember Diringkus Pegawai Jasa Ekspedisi yang Ternyata Polisi

Viral Video Syur Pelajar Tuban, Cabang Dinas Pendidikan Mengaku Prihatin

"Kami membuat inovasi dengan sistem perekrutan PPK dan PPS secara online," katanya kepada Tribunjatim.com.

Dikatakannya, perekrutan PPK dan PPS akan dilakukan awal Januari 2020. Jumlah petugas PPK di tiap kecamatan sebanyak lima orang dan petugas PPS sebanyak tiga orang di tiap kelurahan.

Pencuri Uang di Krian Sidoarjo Ditangkap Setelah Dijebak Pedagang Ikan dengan Kode 8 dan 9

Lagu Salah Apa Aku Ilir7 Masuk 10 Besar Top 100 Billboard Indonesia, Kalahkan Rekah Brisia Jodie

Jadi Kurir Sabu dari Malaysia, Pria Jember Diringkus Pegawai Jasa Ekspedisi yang Ternyata Polisi

Di Kota Blitar ada tiga kecamatan dan 21 kelurahan. Berarti KPU Kota Blitar membutuhkan 15 petugas PPK dan 63 PPS.

"Untuk perangkat ujian, kami akan berkoordinasi dengan sekolah. Kami akan meminjam komputer di beberapa sekolah," katanya kepada Tribunjatim.com.

Terpisah, Ketua Bawaslu Kota Blitar, Bambang Arintoko mengatakan juga sedang menyiapkan rekrutmen petugas pengawas kecamatan (Panwascam) untuk Pilwali Kota Blitar 2020. Sesuai jadwal, perekrutan Panwascam dilaksanakan pada November 2019.

Bawaslu membutuhkan tiga Panwascam di tiap kecamatan. Kalau di Kota Blitar ada tiga kecamatan berarti Bawaslu butuh sembilan Panwascam.

"November 2019 ini kami mulai perekrutan untuk Panwascam. Karena, Desember 2019, sudah harus terbentuk Panwascam-nya," kata Bambang. (sha/Tribunjatim.com)

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved