Wujudkan Digital Berkarakter, Murid SDN Kasin Kota Malang Laksanakan Ujian Pakai Komputer dan Ponsel

Siswa kelas 6 SDN Kasin Kota Malang melaksanakan PTS (Penilaian Tengah Semester) dengan memakai komputer dan ponsel sejak 7-10 Oktober 2019.

Wujudkan Digital Berkarakter, Murid SDN Kasin Kota Malang Laksanakan Ujian Pakai Komputer dan Ponsel
ISTIMEWA
Siswa kelas 6 SDN Kasin Kota Malang melaksanakan PTS (Penilaian Tengah Semester) dengan memanfaatkan komputer dan HP pada 7-10 Oktober 2019. 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Siswa kelas 6 SDN Kasin Kota Malang melaksanakan PTS (Penilaian Tengah Semester) dengan memakai komputer dan ponsel sejak 7-10 Oktober 2019.

Dengan begini, maka siswa dibiasakan akrab dengan dunia digital juga untuk pembiasaan. "PTS nya bisa barengan. Tidak pakai sesi," jelas Budi Hartono, Kepala SDN Kasin pada suryamalang.com, Rabu (9/10/2019).

Jumlah siswa ada 84 orang terdiri dari tiga kelas. Sedang kelas 3-5 masih berbasis kertas.

Setiap hari, ada dua mapel yang diujikan. Dengan model online seperti ini, nilai siswa bisa langsung diketahui oleh guru pembuat soal.

Cerita Keisya Levronka Siswa Malang Lolos Audisi Indonesian Idol 2019, Sempat Marah Saat Didaftarkan

"Semua guru-guru di SDN Kasin sudah bisa membuat soal untuk ujian secara online. Namun saat ini masih buat siswa kelas 6," papar Budi.

Ia mengklaim di tingkat jenjang SD di Kota Malang baru di SDN-nya yang melaksanakan PTS dengan berbasis komputer dan ponsel.

Dengan memanfaatkan ponsel, maka siswa bisa untuk kegiatan produktif. "Di sekolah juga sudah dipasang wifi untuk mendukung itu," katanya. Maka siswa tak repot dengan paket internetnya.

Menang Telak dari Penghitungan Suara di DPRD, Mohamad Sudarman Terpilih Jadi Wabup Malang

Untuk jenis ujiannya yaitu pilihan ganda dan esai. "Untuk menjawab esai, siswa menulis di kertas," ujarnya.

Digitalisasi di sekolahnya disebut Budi sebagai bagian dari melaksanakan visi sekolah yaitu sekolah digital berkarakter yang berbudaya lingkungan.

"Branding-nya Diregcreation yaitu digital positif, religion, creation and action. Sedang PTS untuk kelas 1 dan 2 materi ujinya sikap dan pembiasaan PPK terintegrasi," pungkasnya.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved