Gubernur Khofifah Pimpin Ziarah ke Makam Gubernur Pertama Jatim, Sebagai Bentuk Revolusi Mental

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, memimpin ziarah ke Makam Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo, Gubernur pertama Provinsi Jatim tahun 1945

SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memimpin ziarah ke Makam Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo, Gubernur Pertama Provinsi Jawa Timur, dalam rangka peringatan HUT Jawa Timur ke 74, Jumat (11/10/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, memimpin ziarah ke Makam Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo, Gubernur pertama Provinsi Jawa Timur di tahun 1945 begitu Indonesia Merdeka.

Kegiatan ini dilakukan seusai malam menggelar Tahlilal Kubro di Madiun sebagai awal rangkaian HUT Jawa Timur ke 74, pagi ini, Jumat (11/10/2019).

Bersama forkopimda di Magetan, Gubernur Khofifah memimpin penghormatan, mengheningkan cipta dan juga tabur bunga ke makam pahlawan nasional tersebut.

Hal ini merupakan bentuk penghormatan pada Gubernur Suryo atas jasa-jasanya membabat alas Jawa Timur.

(Sesalkan Penyerangan pada Wiranto, Gubernur Khofifah Ajak Warga Jatim Doakan Menkopolhukam)

"Beliau adalah gubernur pertama Jawa Timur maka kita ziarah ke sini karena besok adalah HUT Jawa Timur ke 74," ucap Gubernur Khofifah.

"Kita semua diajarkan guru-guru kita bahwa sebagai bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya," tambahnya.

Sebagaimana diketahui Gubernur Suryo dulu adalah pejuang yang menggerakkan perjuangan rakyat di zaman kemerdekaan.

Bahkan saat pertempuran Surabaya, Gubernur Suryo bersama Bung Tomo menggelorakan semangat perjuangan hingga kemudian dikenal dengan pertempuran 10 Nopember.

Beliau juga dianugerahi gelar pahlawan nasional.

"Atas dedikasi dan pengorbanan beliau yang sudah teruji beliau mendapatkan gelar sebagai pahlawan nasional. Maka bagi saya revolusi mental itu ya seperti ini contohnya," kata Gubernur Khofifah.

"Kenali siapa yang berjasa pada proses pembangunan di negeri kita dan bagi warga jawa timur tidak boleh tidak kenal Gubernur Suryo," tegas gubernur perempuan pertama Jawa Timur itu.

(Ada Utang Rp 2,7 T ke RS, Gubernur Khofifah Desak Kemenkeu Segera Cairkan Talangan BPJS di Jatim)

Sebagai tokoh yang babat alas membangun pondasi Jawa Timur hingga bisa maju seperti sekarang ini.

Menurutnya, tokoh Gubernur Suryo adalah sosok yang berjasa dan patut untuk dikenang jasa-jasanya.

Bahkan ia meminta khusus pada Bupati Magetan anak-anak yang mengikuti proses belajar mengajar di Magetan dan sekitarnya dalam perjalanan terdapat pelajaran tertentu anak-anak diajak untuk ziarah ke makam Gubernur Suryo.

"Saya ingin anak-anak mengenali bagaimana beratnya perjuanga membangun Jawa Timur sampai bisa maju seperti ini," tegasnya.

Selain ziarah ke makam Gubernur Suryo, Pemprov Jawa Timur juga melakukan ziarah ke sejumlah gubernur Jawa Timur yang sudah wafat.

Reporter: Surya/fatimatuz zahroh

(Mentan Beri Penghargaan Khofifah, Inseminasi Buatan Sapi Jatim Jadi Role Mode Provinsi Lain)

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved