BPK Provinsi Jatim Awasi Dan Kawal Kinerja Pemkab Tuban dan Probolinggo

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jatim akan mengawasi dan mengawal kinerja Pemkab Tuban dan Probolinggo.

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Yoni Iskandar
Tribunjatim/kukuh kurniawan
Suasana rapat dan kunjungan kerja Komite IV DPD RI ke BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Selasa (22/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jatim akan mengawasi dan mengawal kinerja Pemkab Tuban dan Probolinggo.

Hal itu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peranan dari kedua pemkab tersebut dalam memberdayakan pelaku usaha UMKM.

Kepala Sub Auditorat Jawa Timur II BPK Jatim, Rusdiyanto mengatakan kedua daerah tersebut memiliki potensi UMKM yang sangat besar.

"Karena bila dapat diberdayakan dengan baik, UMKM dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Mengapa kita pilih di dua daerah itu karena sesuai dengan visi misi daerah tersebut adalah memberdayakan UMKM," ujarnya kepada TribunJatim.com di sela acara rapat dan kunjungan kerja Komite IV DPD RI ke BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Selasa (22/10/2019).

Rusdiyanto  menjelaskan pihaknya akan melihat dan mengawasi bagaimana regulasi di kedua pemkab tersebut dalam mengatur pemberdayaan UMKM.

Ratusan Siswa Positif Bawa Kuman Difteri, MIN 1 Kota Malang Diliburkan 5 Hari

Ditangkap Gara-gara Pulang dari Taiwan Bawa Pistol, Wiluyo Terancam Gagal Nikah di Blitar

"Setelah itu kita juga akan melihat bagaimana pelaksanaannya di lapangan seperti pendataan, pelatihan, dan fasilitasi pelaku usaha UMKM," tambahnya.

Nantinya, kegiatan pengawasan dan pengawalan kinerja ini akan dilakukan selama satu bulan. Yaitu mulai akhir Oktober dan berakhir akhir November.

"Kegiatan ini juga sesuai dengan tupoksi tiga jenis pemeriksaan BPK. Yaitu pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu. Dan apa yang kita lakukan ini termasuk pemeriksaan kinerja," tandasnya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved