Resmi Buka Pendaftaran di Pilkada, Gerindra Jatim: Kami Terbuka untuk Seluruh Partai

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) tak menutup peluang koalisi dengan seluruh partai pada pilkada serentak 2020 di Jawa Timur mendatang.

Resmi Buka Pendaftaran di Pilkada, Gerindra Jatim: Kami Terbuka untuk Seluruh Partai
bobby Koloway/surya
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Jatim, Soepriyatno, didampingi Sekretaris DPD Gerindra Jatim, Anwar Sadad memberikan keterangan di hadapan jurnalis, Rabu (23/10/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) tak menutup peluang koalisi dengan seluruh partai pada pilkada serentak 2020 di Jawa Timur mendatang.

Bahkan, Gerindra siap berkoalisi dengan sejumlah partai yang menjadi rival di pemilihan presiden 2019 lalu.

Berdasarkan penjelasan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Jatim, Soepriyatno, menghadapi pilkada serentak, Gerindra mementingkan pada koalisi.

"Suka, tidak suka, kami harus berkoalisi," kata Soepriyatno kepada jurnalis ketika dikonfirmasi di Surabaya, Kamis (24/10/2019).

Menurutnya, koalisi di pilkada akan berlangsung cair, berbeda halnya dengan pemilihan presiden lalu. Untuk diketahui, pada pilpres 2019, Gerindra berkoalisi dengan PKS, PAN, dan Demokrat.

"Kami tak terbatas berkoalisi dengan rekan partai di pilpres. Kami terbuka dengan partai lain," kata Soepri yang juga mantan Ketua Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo-Sandi di Jawa Timur ini.

Dalam memilih mitra koalisi, Gerindra akan mementingkan peluang menang.

"Koalisi menjadi penting karena akan memberikan tambahan suara," kata Soepri yang juga Anggota DPR RI dari Dapil Jatim ini.

Pada prinsipnya, Gerindra akan mengutamakan kader internalnya untuk diusung pada pilkada. Namun, apabila ada figur dari eksternal yang muncuk dan lebih diterima masyarakat, Gerindra tak segan untuk mengalihkan dukungan.

Sekali pun figur tersebut merupakan kader dari partai lain. "Kalau disitu ada (kader) PDI Perjuangan, ya kami berkoalisi dengan PDI Perjuangan. Termasuk kalau ada (kader) Golkar, (kader) PKB, kami juga bisa berkoalisi dengan beberapa partai tersebut," jelas Soepriyatno.

Rapat Tertutup DPRD Gresik & Dinkes 2 Jam, Hasilnya Stop Pemotongan Gaji Karena Tak Ada Dasar Hukum

Kedua Tim Tampil Kuat, Skor 0-0 Tutup Babak Pertama PSM Makassar Vs Madura United

Babak Pertama Tira Persikabo Vs Arema FC, Mendominasi Permainan, Singo Edan Unggul 0-1

Halaman
123
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved