Khofifah Sebut Gelora Bung Tomo Bau Sampah, Beri 4 Opsi Stadion Lain di Jatim demi Piala Dunia U-20

Khofifah Sebut Gelora Bung Tomo Bau Sampah, Beri 4 Opsi Stadion Lain di Jatim demi Piala Dunia U-20.

Khofifah Sebut Gelora Bung Tomo Bau Sampah, Beri 4 Opsi Stadion Lain di Jatim demi Piala Dunia U-20
SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Khofifah minta aksi pengerusakan GBT oleh Bonek diusut tuntas aparat polisi 

Khofifah Sebut Gelora Bung Tomo Bau Sampah, Beri 4 Opsi Stadion Lain di Jatim demi Piala Dunia U-20

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa terus merapatkan terkait Jawa Timur agar bisa menjadi salah satu lokasi venue Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

Selain Gelora Bung Tomo, Khofifah menyiapkan empat opsi stadion lain untuk bisa jadi venue. Alasannya dikatakan Khofifah, jika sore hari di GBT kerap bau sampah lantaran ada TPA Benowo di dekat GBT.

FAKTA Kericuhan Stadion GBT Laga Persebaya VS PSS Sleman, Spanduk ‘Merasukimu’ hingga Emosi Khofifah

Siaga SD Islam Al Muttaqin Gresik Hadiahi Gubernur Jatim Khofifah Puisi

Gubernur Jatim Khofifah Lantik Komisaris dan Direksi Bank Jatim, Posisi Dirut Masih Kosong

Hal itu dikhawatirkan membuat tidak nyaman pemain dan juga supporter jika lokasinya tetap di GBT. Terlebih kelak even tersebut adalah even kelas dunia.

"Besok Minggu sore Pak Menpora Zainuddin Amali akan berkunjung ke sini, saya dengar beliau akan juga meninjau GBT . Tapi yang jelas kita terus komunikasikan agar dari 10 venue piala dunia di Indonesia, jangan sampai Jawa Timur tidak dapat," kata Khofifah, di Grahadi, Jumat (1/11/2019).

Dari awal, disampaikan Khofifah, ia sudah menyampaikan sejumlah opsi dari 10 venue yang digadang akan dijadikan tempat pertandingan. Dari sepuluh itu GBT masuk diantaranya.

"Tapi saya sudah ke GBT. Kalau sore, kena angin suka ada aroma sampah," tegas Khofifah. "Nanti kalau pas FIFA visit ke sana terus pas anginnya ke arah stadion masuk, pasti heran ini aroma apa. Makanya kita menyampaikan opsi lain pokoknya Jawa Timur harus ada yang dijadikan venue," kata Khofifah.

Ada tiga stadion yang sudah ia sampaikan ke Menpora untuk dijadikan opsi selain GBT. Yang pertama adalah Stadion Kanjuruhan, Malang. Menurutnya stadion itu cukup representatif terutama untuk latihan, tim akan tersupport.

Kedua, opsi berikutnya adalah Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Menurutnya jika di sana dijadikan venue, maka latihan tim bisa juga dilakukan di Surabaya, misalnya Gelora 10 November. Berikutnya yang juga masik opsi selain GBT adalah Stadion Surajaya Lamongan.

"Selain tiga itu, tadi malam saya rapat dengan Sekda dan Kadispora. Muncul opsi lagi itu stadion Bangkalan. Katanya rumput disana itu bagus. Karena salah satu yang jadi standar adalah rumputnya. Maka saya sedang minta cek ke sana," ucap Khofifah.

Lebih lanjut ia menyebut memang ada banyak standar yang disyaratkan oleh FIFA. Misalnya soal tribun. Akan sangat bagus jika tribunnya sudah dalan format membership.

Jika memang butuh upgrade, maka nanti akan ada penilaian apa yang kurang dari stadion yang dipilih dan akan dilakukan perbaikan.

"Saya ingin bisa tetap ada opsi supaya Jatim tetap dapat 1 venue. Bagaimana kalau ini, misalnya kurang ini, gimana kalau ini kurang kurangnya apa," pungkas Khofifah

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved