Jelang Hari Libur Maulid Nabi Muhammad, Terminal Purabaya Dipadati Penumpang

Jelang Hari Libur Maulid Nabi Muhammad SAW, Terminal Purabaya Sidoarjo dipadati penumpang, Jumat (8/11/2019).

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Yoni Iskandar
Tribunjatim/kukuh kurniawan
Suasana kepadatan penumpang di Terminal Purabaya, Jumat (8/11/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Jelang Hari Libur Maulid Nabi Muhammad SAW, Terminal Purabaya Sidoarjo dipadati penumpang, Jumat (8/11/2019).

Dari pantauan TribunJatim.com, para penumpang berangsur memenuhi bagian keberangkatan bus sejak pukul 16.00.

Bahkan pukul 18.00, para penumpang juga mulai memadati ke area sekitar parkiran bus.

Seorang penumpang jurusan Malang, Wawan Nugroho mengatakan dirinya memilih menunggu di area sekitar parkir bus agar langsung mendapatkan kursi.

"Jadi saat bus datang, kita langsung mencegatnya dan langsung naik. Kalau naik dan menunggu di jalur keberangkatan pastinya harus berjubel dengan penumpang lainnya. Ujung ujungnya malah enggak dapat kursi dan bus juga," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Dirinya mengakui memang apa yang dilakukan ini bisa dibilang menyalahi ketertiban di terminal. Karena semua penumpang seharusnya naik bus di jalur keberangkatan yang telah disediakan.

"Tapi mau bagaimana lagi daripada malah tidak jadi berangkat karena tak dapat bus. Apalagi semua orang juga melakukan cara yang sama," tambahnya.

KH Masjkur Terima Gelar Pahlawan Nasional, Khofifah: Sosok Pahlawan Yang Patut Diteladani

BREAKING NEWS -Madura United Babak Belur, Haruna Soemitro Mundur

BREAKING NEWS : Pasar Ngunut Tulungagung Terbakar Hebat, Seluruh Bagian Ludes Dilalap Api

Sementara itu seorang penumpang lainnya, Yansah mengaku sejak pukul 16.00 hingga pukul 20.00, dirinya tak mendapatkan sama sekali bus jurusan Madiun.

"Lama nunggunya apalagi kan saya membawa keluarga juga. Sampai sekarang enggak jelas kapan busnya akan datang," keluhnya.

Dirinya pun hanya bisa pasrah menanti di jalur keberangkatan bersama dengan istri dan kedua anaknya.

"Mudah mudahan segera ada. Kalau menunggu hingga malam kasihan anak anak. Kalau sampai jam 21.00 tidak ada bus mungkin kembali ke rumah dan berangkat keesokan harinya," jelasnya.

Kepala Sub Unit Terminal Purabaya, Imam Hidayat menjelaskan jurusan yang terlihat telah dipadati para penumpang sejak sore adalah Trenggalek, Tulungagung, Jombang, Malang, dan Bojonegoro.

"Diprediksi kepadatan penumpang akan terus terjadi hingga pukul 23.00. Dan diperkirakan kepadatan penumpang seperti ini akan kembali terjadi pada Sabtu esok," bebernya.

Dirinya memperkiran penyebab kepadatan penumpang di terminal dikarenakan bus yang datang untuk mengangkut para penumpang terhambat di jalan.

"Bus yang akan menuju ke terminal terhambat kemacetan di jalan. Dan memang hingga saat ini setiap ruas jalan yang menuju ke terminal padat sekali," ucapnya.

Dirinya juga menambahkan sebagian perusahaan otobus (PO) juga telah meminta trayek ijin insidentil bus pariwisata untuk mengangkut para penumpang.

"Ya memang beberapa PO telah meminta trayek ijin insidentil bus pariwisata. Hal itu dilakukan supaya para penumpang tidak sampai menunggu lama di terminal," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved