Akhir November 2019 Jalur Ganda Kereta Api Jombang - Ngawi Tersambung

Uji double track atau jalur ganda rel kereta api dari stasiun Geneng, Kabupaten Ngawi sampai Kedung Banteng, Kabupetan Madiun sejauh 37 kilometer

Surya/ Doni Prasetyo
Jalur Ganda Kereta Api sepanjang 37 kilometer dari Geneng, Kabupaten Ngawi sampai Kedung Banteng, Kabupaten Madiun melewati stasiun Magetan. 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Uji double track atau jalur ganda rel kereta api dari stasiun Geneng, Kabupaten Ngawi sampai Kedung Banteng, Kabupetan Madiun sejauh 37 kilometer melewati stasiun Magetan, rencananya akhir November 2019 ini selesai dan Desember 2019 siap dioperasikan.

"Kementrian perhubungan Direktorat jenderal Perkeretaapian (Ditjenka) melalui Pejabat Pembuat Komitmen Jawa timur II (PPK Jatim II), tantaskan Jalur Ganda dari stasiun Geneng, Ngawi sampai Kedung Banteng, Madiun lewat stasiun Magetan, sejauh 37 kilometer, akhir November 2019 ini,"kata Manager Humas Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko, ditemui Surya di stasiun Kerata Api Magetan, sebelumnya bernama stasiun Barat, Magetan, Kamis (28/11).

Dikatakan Ixfan, jalur ganda Kereta Api Geneng - Kedungbanteng yang merupakan paket Jalur Ganda Madiun Kedung Banteng (JGMK) ini diharapkan Desember 2019 mendatang sudah bisa dioperasikan.

"Informasi dari Pak Andri personil PPK JATIM II, progres pekerjaan jalur ganda JGMK khususnya antara Stasiun Geneng sampai dengan Stasiun Kedung Banteng, sudah 100% tinggal finishing," ujar Ixfan.

Lebih lanjut dikatakan Ixfan, jika hasil Uji Beban, baik. Maka akan dilaksanakan Switch Over tahap akhir, hari Jumat (29/11) hati ini.

Beberkan Hasil Pemetaan Radikalisme, Akhmad Taufiq Ketua LP3M Unej Dicopot, Ini Komentar Rektor

Jadwal Pengumuman Hasil Seleksi CPNS 2019 Malang, Pelamar Capai Ribuan, Posisi Guru Paling Diminati

VIRAL VIDEO Wanita Menangis Diduga Diperkosa di Wonorejo Surabaya, Ditanyai Warga Tapi Tak Digubris

"Setelah tahap akhir, maka tuntas sudah pembangunan jalur ganda ini. Dengan begitu maka terhubunglah Jalur Ganda mulai dari Jombang - Madiun - Magetan - Kedung Banteng - Geneng, Ngawi sejauh 130 KM," jelas Ixfan kepada Tribunjatim.com.

Rabu (27/11) lanjut Ixfan, Tim Satker JGMK dari pagi sampai selesai, mulai Stasiun Geneng sampai Stasiun Kedungbanteng atau sejauh 37 Kilometer dari KM 184 + 810 sampai KM 221+ 000 melakukan pemeriksaan.

"Sesuai kesepakatan antara Managemen Daop 7 Madiun dengan satker PPK Jatim II, dilaksanakan Uji beban jalur baru menggunakan satu lokomotif dan satu kereta pembangkit,"kata Ixfan.

Dikatakan Ixfan, dengan selesainya pembangunan jalur ganda sejauh 130 kilometer, mulai Jombang - Kedung Banteng, Kabupaten Madiun - Magetan - Ngawi, diharapkan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat setempat, karena frekuensi perjalanan kereta api bisa ditambah, waktu tempuh bisa semakin cepat.

"Pada akhirnya pelayanan penumpang secara massal berbasis kereta api menjadi semakin baik," katanya kepada Tribunjatim.com.

Namun begitu, Ixfan menghimbau, masyarakat dan pekerja dilapangan yang melakukan kegiatan disekitar jalur KA atau saat akan menyebrang perlintasan sebidang agar lebih berhati-hati.

"Karena pada jalur baru antara Geneng sampai dengan Kedung Banteng, akan dilakukan uji beban. Terdapat banyak perlintasan sebidang baik yang terjaga maupun tidak terjaga," jelasnya.

Dirinci Ixfan, ada sebanyak delapan perlintasan dijaga, sembilan perlintasan tidak terjaga, hanya menggunakan early warning system (EWS), 28 tidak terjaga dan tanpa early warning system (EWS/sistem peringatan dini), dan 11 perlintasan tidak sebidang (underpass).

"Kami telah melakukan sosialisasi bersama dengan Satker JGMK secara langsung maupun tak langsung, diantaranya dengan pemasangan spanduk di beberapa titik rawan, dengan harapan bisa diketahui oleh warga masyarakat bahwa jalur baru akan segera dioperasionalkan," pungkas Manager Humas Ixfan Hendriwintoko. (tyo/Tribunjatim.com)

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved