Berita Surabaya

Peringatan Hari HAM Momentum untuk menjadi Peserta Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Peringatan Hari HAM Momentum untuk menjadi Peserta Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Peringatan Hari HAM Momentum untuk menjadi Peserta  Jaminan Sosial Ketenagakerjaan
TRIBUNJATIM.COM/IST
Peringatan Hari Hak Asasi Manusia ke 71 di Ubaya, Selasa (3/12/2019). 

Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Momentum untuk menjadi Peserta  Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - BPJS Ketenagakerjaan turut berpartisipasi dalam rangka Perayaan Hari Hak Asasi Manusia ke-71 Universitas Surabaya ( Ubaya ), Selasa (3/12/2019) di Auditorium Perpustakaan Lantai 5 Ubaya.

Tema yang diusung, “Bunga Rampai Hak Asasi Manusia dan Tantangannya di Era Milenial”.

Dodo Suharto, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Timur mengatakan, pihaknya berharap peringatan mHari Hak Asasi Manusia Ke-71 menjadi momentum bagi seluruh pekerja untuk mengembangkan dirinya sebagai manusia yang  bermartabat.

"Caranya dengan menjadi peserta program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan,” ujarnya, dalam siaran tertulis ke Tribunjatim.com.

Menurut Dodo Suharto, Jaminan sosial merupakan hak konstitusional warga negara untuk mendapatkan kepastian atas perlindungan dan kesejahteraan masyarakat di masa depan.

Negara menjamin kepastian tersebut dengan membentuk lembaga Penyelenggara Jaminan Sosial sebagai sarana untuk memenuhi kewajiban negara dalam melindungi warga negaranya.

"Penyelenggaraan Jaminan Sosial juga diharapkan mendukung Indeks Pembangunan Manusia," tegasnya.

Terlebih, fitur utama jaminan sosial sudah sesuai Konvensi ILO No 102 Tahun 1952 berupa layanan kesehatan, tunjangan sakit, dan  tunjangan pengangguran.

Lalu, tunjangan hari tua, tunjangan kecelakaan kerja, tunjangan keluarga, tunjangan persalinan, tunjangan kecacatan dan tunjangan ahli waris.

Ditambahkan Dodo Suharto, jaminan sosial merupakan Hak Asasi Manusia ( HAM ), sehingga pihaknya menghimbau kepada seluruh pengusaha dan pekerja baik penerima upah, bukan penerima upah, pekerja jasa konstruksi, Non Aparatur Sipil Negara serta Pekerja Migran Indonesia untuk memproteksi diri dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Ingat, Hak Asasi Manusia adalah anugerah terindah Sang Pencipta yang menjadikan kita makhluk ciptaanNya istimewa, bersifat universal dan melekat dalam diri setiap manusia," ucapnya. (*)

PIC Komunikasi
BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur

Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved