Diteror, BPBD Lamongan Musnahkan Sarang Tawon ndas, ini Caranya

Di Lamongan, populasi tawon endas juga ada. Tawon endas yang sengatannya mematikan ini ditakuti warga Desa Sidomlangean, Kecamatan Kedungpring.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Yoni Iskandar
SURYA/DIDIK MASHUDI
Sarang tawon dengan ukuran sebesar kepala orang dewasa berada di atap belakang, salah satu rumah warga 

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Mewabahnya jenis Vespa Affinis atau tawon endas, akhir - akhir ini benyak tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Di Lamongan, populasi tawon endas juga ada. Tawon endas yang sengatannya mematikan ini ditakuti warga Desa Sidomlangean, Kecamatan Kedungpring.

Untuk menghindari kemungkinan insiden mengerikan itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan memusnahkan saran tawon endas yang meresahkan masyarakat itu.

Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan, Muslimin kepada Surya.co.id, membenarkan jika malam ini ia bersama staf BPBD Lamongan sudah memusnahkan sarang tawon endas di salah satu rumah warga yang ada di Desa Sidomlangean, Kecamatan Kedungpring.

Persebaya Diizinkan Main di Gelora Bung Tomo, Ini Komentar Pelatih Persebaya Aji Santoso

Warga Mojokerto Takut Disengat Lebah, Sarang Tawon Vespa di Pekarangan Dievakuasi Petugas Damkar 

PENGAKUAN Sindikat Pembuat Uang Palsu 630 Juta, Belajar Siasat Busuk via YouTube Sejak Awal 2019

Sarang tawon yang berdiameter sekitar 50 centimeter itu berhasil dimusnahkan. Pemusnahan sarang tawon terpaksa dilakukan pada malam hari untuk menghindari sengatan tawon.

"Agar tak mengenai warga," kata Muslimin kepada Tribunjatim.com.

Meski hanya ada satu sarang tawon endas, pihaknya tetap memusnahkan sarang tawon tersebut agar tidak membahayakan warga. Sebelumnya pihaknya menerima laporan dari warga terkait keberadaan sarang tawon endas di pohon mangga yang ada di pekarangan rumah salah satu warga desa.

Muslimin bergerak cepat berkoordinasi internal dengan anggota BPBD Lamongan lainnya.

"Keputusannya pemusnahan sarang tawon yang meresahkan warga ini harus dilakukan," kata Muslimin kepada Tribunjatim.com.

Upaya pemusnahan ini adalah salah satu langkah preventif sebelum ada warga menjadi korban.

Petugas BPBD yang membersihkan sarang tawon tawon endas yang bersarang di pemukiman ini dilengkapi sejumlah pengamanan agar tidak diserang. Setelah berhasil dilumpuhkan, sarang tawon endas ini kemudian dibakar.

Segera lapor ke petugas jika mendapati sarang tawon endas sebagai antisipasi agar tidak ada korban karena serangan saat pemindahan sarang tersebut.Muslimin yang menyebut jika sampai saat ini di Lamongan belum ada laporan mengenai serangan tawon endas yang sampai memakan korban jiwa.(Hanif Manshuri/Tribunjatim.com)

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved