Pejabat Pemkab Jember Diminta Tidak Hadiri Undangan Panitia Angket

Bupati Jember Faida memerintahkan para pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Jember tidak memenuhi undangan Panitia Angket DPRD JembER

Pejabat Pemkab Jember Diminta Tidak Hadiri Undangan Panitia Angket
sri wahyunik/surya
Beberapa anggota Panitia Angket makan siang bersama istri yang mengantarkan bekal makan siang ke gedung DPRD Jember 

 TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Bupati Jember Faida memerintahkan kepada para pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Jember tidak memenuhi undangan Panitia Angket DPRD Jember.

Hal ini dikatakan oleh Panitia Angket DPRD Jember melalui juru bicaranya David Handoko Seto saat menggelar konferensi pers usai pertemuan tertutup dengan Bupati Jember Faida, dan Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arief di gedung DPRD Jember, Senin (20/1/2020).

Menurut David, dalam pertemuan itu, Bupati Faida menyebutkan kalau dirinya tidak mengizinkan pejabat OPD mendatangi panggilan Panitia Angket.

"Selama sidang angket, beliau (Faida) tidak mengizinkan kepada OPD (pejabat OPD) untuk datang (menghadiri panggilan Panitia Angket)," kata David.

Dia menegaskan, pelarangan itu melanggar konstitusi. Sebab dalam tata tertib, katanya, sudah disebutkan kalau Panitia Angket boleh memanggil siapa saja yang dibutuhkan keterangannya, dan datanya.

Pelarangan itu, lanjut David, menyusul adanya pandangan dari Bupati Jember itu jika Panitia Angket DPRD Jember tidak sah.

Bupati Faida Siap Memenuhi Undangan Panitia Angket Tapi Harus Koordinasi Waktu

FAKTA TERBARU Pelajar SMA di Malang Bunuh Begal Demi Lindungi Pacar Sudah Punya Istri dan Anak

TERPOPULER SELEB: Teddy Kuak Harta Warisan Lina Rp 10 M - VIRAL Guru Geografi Nikahi Artis Terkenal

"Meskipun OPD yang kami panggil, tidak datang, kami akan jalan terus. Kami tetap akan memberikan kesimpulan akhir kami nanti," tegasnya.

Hal ini diakui oleh Ketua Panitia Angket Tabroni. Dia membenarkan, kalau para pejabat dari OPD Pemkab Jember diminta untuk tidak memenuhi panggilan Panitia Angket DPRD Jember.

"Itu tidak menyurutkan langkah kami. Kami tetap panggil. Seperti untuk besok. Kami sudah melayangkan surat panggilan untuk empat orang pejabat. Ini merupakan pemanggilan ketiga untuk mereka. Pada pemanggilan satu dan dua, mereka tidak datang," ujar Tabroni.

Tabroni memprediksi keempat orang tersebut tidak akan memenuhi panggilan Panitia Angket itu, Selasa (21/1/2020), setelah ada pernyataan begitu dari bupati. Namun pihaknya sudah melayangkan surat panggilan itu, dan akan tetap menunggu kehadiran mereka besok.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved