Gus Sholah Meninggal Dunia

Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim Kenang Kebersamaan dengan Gus Sholah Saat Demo KPU

Ketua Fraksi PKB di DPRD Jawa Timur, Fauzan Fuadi mengenang sosok KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) sebagai figur yang sederhana namun gigih menegakkan

SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) saat memberi tausiah pada penganjian di kediaman Khofifah Indar Parawansa beberapa waktu lalu. Gus Sholah berpulang pada Minggu (2/2/2020) di RS Harapan Kita Jakarta. 

 
TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – Ketua Fraksi PKB di DPRD Jawa Timur, Fauzan Fuadi mengenang sosok KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) sebagai figur yang sederhana namun gigih menegakkan kebenaran.

Fauzan ingat betul kala bersama Gus Sholah berunjuk rasa di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur pada Pemilihan Gubernur 2013 lalu.

Saat itu, Gus Sholah yang merupakan Tim Pemenangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja memprotes dicoretnya Khofifah dari pencalonan akibat dukungan ganda dari Partai Kedaulatan (PK) dan Partai Kebangkitan Nasional Ummah Indonesia (PKNUI). Kehadiran Gus Sholah didampingi Herman, dan Thoriqul Haq, yang saat itu masih menjabat sebagai Sekretaris DPW PKB Jatim.

Fauzan yang juga kader PKB turut serta pada momentum tersebut.

”Saya berkesempatan mendampingi Gus Sholah unjukrasa di depan kantor KPU Jatim memprotes penjegalan Bu Khofifah itu,” cerita Fauzan.

Fauzan kagum dengan kerendahan sekaligu kepada Tribunjatim.com.

Anies Baswedan Jalin Persahabatan 3 Generasi Dengan Almarhum Gus Sholah

VIRAL Tingkah Hotman Paris Duduk di Belakang Orang Salat, Disuguhi & Wajahnya Polos: Jangan Nyinyir!

VIRAL Pria Diputusin pasca Ajak Kencan di Warung Pinggir Jalan, Pacar Menyesal Tahu Fakta Sebenarnya

Masalah itu bahkan sampai di meja Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI. hasilnya, DKPP menerima sebagian gugatan Khofifah-Herman dan memutuskan pasangan itu bisa ikut serta dalam Pilkada Jatim.

Selain itu, DKPP juga menjatuhkan sanksi peringatan kepada Ketua KPU Jatim Andry Dewanto Ahmad, yang terbukti tak tegas kepada anggotanya serta memecat tiga anggota KPU Jatim, yaitu Nadjib Hamid, Agung Nugroho, dan Agus Mahfud Fauzi.

”Beruntung sekali saya berkesempatan punya pengalaman berinteraksi dengan Gus Sholah. Meskipun hanya sekilas, tapi itu sangat membekas sekali dalam perjalanan politik saya sampai hari ini,” kata pria yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris DPW PKB Jawa Timur ini.

Selain di momentum tersebut, kebersamaan Fauzan dengan Gus Sholah juga pernah terjadi saat masih menjadi mahasiswa.

”Pada Tahun 2005, saat saya masih Ketua PC PMII Kota Malang, saya pernah mengundang beliau hadir dalam sebuah kegiatan,” cerita Fauzan kepada Tribunjatim.com.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Tinjau Kelurahan Sisir yang Terdampak Banjir

FIRASAT Terakhir Gus Sholah Sebelum Wafat, Mimpi Bertemu Gus Dur & Kerabatnya yang Sudah Meninggal

Warga Surabaya Bisa Rayakan Valentines Day dengan Romantic Dinner di Ketinggian 21 Lantai

Pada awalnya, ia pesimis Gus Sholah akan hadir sebab ia mengundang mantan Calon Wakil Presiden ini melalui telepon. Saat itu, Pengasuh Pesantren Tebuireng ini juga tidak mengenal Fauzan.

”Namun, saya tidak menyangka sama sekali kalau beliau berkenan hadir. Saya merasa bersalah dan tidak sopan, tokoh sekelas beliau hadir di acara kami tanpa terlebih dahulu kami sowan kepadanya,” kenangnya.

Oleh karena itu, Fauzan mengenang Gus Sholah sebagai sosok yang rendah hati dan tidak bersekat dengan masyarakat. ”Sebagai tokoh besar yang lahir daari dzurriyah pendiri NU, Hadratus Syech KH Hasyim Asyari, beliau terbiasa bergaul dengan siapa saja tanpa melihat asal-usul yang bersangkutan,” katanya.

”Bangsa Indonesia pasti sangat kehilangan sosok hangat dan bersahaja seperti beliau. Sugeng tindak, Gus Sholah,” pungkas mantan Wakil Ketua DPRD Jatim sementara ini.

 Untuk diketahui, KH Salahuddin Wahid atau yang akrab disapa Gus Sholah meninggal dunia, Minggu (2/2/2020) di Jakarta. Gus Sholah dimakamkan di Jombang Senin (3/2/2020) sore. (bob/Tribunjatim.com)

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved