Bupati Bojonegoro Berikan 2 Pesan Penting dari Sesepuh Samin pada Gubernur Khofifah, Begini Isinya

Anna menyampaikan dua pesan dari sesepuh Samin, Mbah Hardjo Kardi, mengingat gubernur dikukuhkan sebagai keluarga kehormatan sedulur sikep Samin.

TRIBUNJATIM.COM/M Sudarsono
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dikukuhkan Sebagai Keluarga Sedulur Sikep Samin, bertempat di Desa/Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro, Minggu (23/2/2020) 

Bupati Bojonegoro Berikan 2 Pesan Penting dari Sesepuh Samin pada Gubernur Khofifah, Begini Isinya

TRIBUNBOJONEGORO.COM, BOJONEGORO - Ada hal menarik yang disampaikan Bupati Bojonegoro Anna Muawanah saat menyambut kedatangan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, di Desa/Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro, Minggu (23/2/2020).

Anna menyampaikan dua pesan dari sesepuh Samin, Mbah Hardjo Kardi, mengingat gubernur dikukuhkan sebagai keluarga kehormatan sedulur sikep Samin.

"Ada dua pesan yang terus saya ingat dari Mbah Hardjo ibu gubernur," kata Anna saat di podium.

Lihat Kondisi Rumah Sepi, Pria Bojonegoro 2 Kali Cabuli Gadis di Bawah Umur, Berdalih Suka Sama Suka

MODUS Pria Bojonegoro Gelapkan 17 Mobil Rental, Sewa 2 Minggu Lalu Digadaikan, Uang 50 Juta Didapat

Tergiur Pembagian Uang Puluhan Juta, Pria Bojonegoro Tega Gelapkan 17 Mobil Rental Milik Tetangganya

Politisi PKB itu menjelaskan, dua pesan yang disampaikan sesepuh Samin pertama yaitu kalau waktu dulu jaman penjajahan ditanya kolonial tidak pernah menyebut arah tujuan, melainkan hanya langkah.

Misal ditanya penjajah saat itu mau ke mana, maka dijawab mau ke depan, tanpa menyebut nama tempat yang dituju, karena di situ ada rahasia yang tidak boleh diketahui.

Kemudian yang kedua, pemimpin itu seperti pucuk jadi harus ingat yang di bawah yaitu rakyatnya.

"Dua pesan itu yang selalu saya ingat. Kemudian secara administratif kami harus taat dengan provinsi, karena representasi pemerintah pusat, kami juga menselaraskan RPJMD juga," ucap Bupati.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyatakan, masyarakat samin ini merupakan warisan budaya tak benda yang perlu dilestarikan, karena kearifan lokal yang begitu kuat.

Pemerintah setempat tentu punya andil besar untuk terus ikut merawat, jadi harus dijaga betul. Anak-anak samin juga jangan meninggalkan budaya ini.

"Saya terima kasih sekali atas penghargaan sebagai keluarga sedulur Sikep samin, pemerintah setempat juga punya andil untuk ikut melestarikan sebagai bagian uri-uri budaya," pungkasnya.

Penulis : M Sudarsono

Editor : Sudarma Adi

Penulis: M Sudarsono
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved