Pilkada Mojokerto 2020

KPU Kabupaten Mojokerto Menemukan KTP Pendukung Dari Luar Kota Milik Bapaslon Perseorangan

Petugas Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mojokerto menemukan berbagai unsur ketidaksaman dalam dokumen syarat dukungan yang diajukan oleh salah satu Ba

danendra/surya
Petugas KPU Kabupaten Mojokerto tengah menurunkan dan menata kardus yang berisikan surat suara, Senin (4/3) 

 TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Petugas Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mojokerto menemukan berbagai unsur ketidaksaman dalam dokumen syarat dukungan yang diajukan oleh salah satu Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) perseorangan yang tidak memenuhi persyaratan.

Achmad Arif, Divisi Teknis KPU Kabupaten Mojokerto saat dilakukan proses pengecekan dan perhitungan minimal syarat Bapaslon perseorangan pihaknya menemukan berbagai macam kesalahan di dokumen syarat dukungan Bapaslon perseorangan dalam bentuk formulir B1 KWK.

Rute dan Waktu Terbaik Jelajah Ranu Manduro, Wisata Hits Ngoro Mojokerto, Mirip Pemandangan di Swiss

 

Temuan itu meliputi ada identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) pendukung dari luar kota Kabupaten Mojokerto. Kemudian, ada kartu identitas tidak memakai e-KTP.

Katanya, ada juga fotokopi e-KTP hanya separoh bagian bawah di kolom tanda tangan terpotong. Di dalam formulir B1 KWK ada yang menggunakan fotokopi SIM dan surat keterangan kependudukan yang masa berlakunya sudah kedaluwarsa serta ada yang tidak dilengkapi tanda tangan pendukungnya.

Ternyata, Kabar Penculikan Anak di Sidoarjo Hoak

"Jadi itu sebagian dokumen formulir B1 KWK yang kami nyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS)," ungkapnya saat ditemui di Kantor KPU Kabupaten Mojokerto kepada Tribunjatim.com, Selasa (25/2/2020).

Dikatakannya, pihaknya memastikan empat Bapaslon perseorangan yang sudah terdaftar di KPU Kabupaten dinyatakan tidak lolos minimal syarat dukungan. Sehingga Pilkada Bupati Mojokerto 2020 dipastikan tidak calon dari perseorangan.

Ditambahkannya, sesuai peraturan PKPU nomor 16 Tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal pelaksanaan pemilihan umum 2020. Maka untuk diketahui pelaksanaan pemilihan kepala daerah secara serentak akan dilakukan pada 23 September 2020.

"Untuk pendaftaran Bapaslon jalur partai politik akan dibuka pada 16-18 Juni 2020," ujar Arif kepada Tribunjatim.com. (Mohammad Romadoni/Tribunjatim.com)

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved