Jalan protokol di Kota Jember Ambles

Polisi Tunggu Kesimpulan dari Tim Ahli Konstruksi Soal Amblesnya Pertokoan Jompo Jember

Polisi menunggu kesimpulan dari tim ahli konstruksi terkait ambruknya Pertokoan Jompo milik Pemkab Jember.

TRIBUNJATIM.COM/SRI WAHYUNIK
Jalan dan bangunan ambrol di Jl Sultan Agung, Jember, Senin (2/3/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Polisi menunggu kesimpulan dari tim ahli konstruksi terkait ambruknya Pertokoan Jompo milik Pemkab Jember.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Jember AKP Yadwavina Jumbo Qontasson mengatakan tim ahli bersama tim dari Polres Jember dan Direkrimsus Polda Jatim melakukan ekspos hasil temuan di lapangan, Senin (9/3/2020).

"Hari ini tim dari Polres Jember, PpOlda Jatim, dan tim ahli dari Universitas Jember melakukan ekspos. Hasilnya juga kami menunggu kesimpulan dari tim ahli," ujar Jumbo, Senin (9/3/2020).

Tim dari kepolisian masih menunggu kesimpulan dari tim ahli konstruksi Universitas Jember. Polisi juga meneliti hasil dari temuan di lapangan, juga keterangan dari sejumlah pihak dalam proses klarifikasi selama sepekan terakhir. Polisi telah meminta klarifikasi dari tujuh orang pejabat terkait ambruknya pertokoan tersebut.

"Jadi belum bisa kami pastikan penyebab ambruknya pertokoan itu," lanjut Jumbo kepada Tribunjatim.com.

10 Ruko Pertokoan Jompo di Jalan Protokol Kota Jember Ambles, Polda Jatim Kirim Tim Khusus

Inilah 2 Lokasi Tempat Pemuka Agama di Surabaya Rudakapksa Gadis Dibawah Umur

Usai Dengar Teriakan Ibu Mertua saat Asyik Nulis Surat, Menantu di Blitar Lalu Alami Hal Mengenaskan

Meskipun dalam uji lapangan, tim ahli menemukan adanya penggerusan pondasi pertokoan oleh air secara berulang-ulang. Tetapi pihaknya, kata Jumbo, harus menunggu seluruh kesimpulan dari proses penyelidikan tersebut.

Senin (9/3/2020) ini, adalah tepat sepekan, ambruknya Pertokoan Jompo (Jompo Shopping Center) milik Pemkab Jember. Senin (2/3/2020) lalu, pertokoan itu ambruk, yang dibarengi dengan amblasnya Jl Sultan Agung di depan pertokoan tersebut. Jalan amblas sepanjang 45 meter. 10 unit ruko ambruk ke Sungai Jompo yang mengalir di bawah pertokoan tersebut.

Sementara itu dari pantauan Surya di kawasan Pertokoan Jompo, keseluruhan ruko milik Pemkab Jember sudah dibongkar, Senin (9/3/2020). 21 unit ruko yang masih berdiri telah dibongkar semua. Keseluruhan ruko itu berdiri di seMpadan Sungai Jompo.

Jl Sultan Agung di ruas tersebut akhirnya terlihat lebar. Sungai Jompo yang mengalir juga terlihat jelas ketika tidak ada bangunan di atasnya.

"Pembongkaran sudah selesai. Namun kami masih harus mengangkat material yang terjatuh di sungai. Kalau debit air menurun besok, kami akan membersihkan aliran sungai dari material bangunan yang jatuh itu," ujar Ahmad Mujahit, petugas rekanan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang menjadi koordinator lapangan pembongkaran ruko tersebut.

Sejak siang sekitar pukul 12.00 Wib, sejumlah kawasan di Kabupaten Jember sudah diguyur hujan. Kawasan hulu Sungai Jompo juga hujan, yang mengakibatkan tingginya debit sungai tersebut. (Sri Wahyunik/Tribunjatim.com)

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved