Virus Corona di Jawa Timur

Pastikan Tidak Lockdown di Madura, Pintu Masuk Jembatan Suramadu Bakal Pasang Disinfektan

Forkopimda Jatim bersama Gugus Tugas Covid-19 Jatim memastikan kesiapan protokol pencegahan Covid-19 di pintu masuk Jembatan Suramadu

ISTIMEWA/DOK HUMAS POLDA JATIM
Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan saat melakukan sidak ke sejumlah area publik dan memantau proses penyemprotan disinfektan. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Forkopimda Jatim bersama Gugus Tugas Covid-19 Jatim memastikan kesiapan protokol pencegahan Covid-19 di pintu masuk Jembatan Suramadu, Minggu (29/3/2020) siang.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menuturkan, pihaknya akan memberlakukan protokol pencegahan Coronavirus Disease (Covid-19) yakni dengan menyemprotkan cairan disinfektan pada setiap kendaraan yang masuk ke Pulau Madura.

"Semua wilayah kami pasang penyemprotan. Di Surabaya di lampu merah tiap berhenti ada penyemprotan. Lebih banyak lebih bagus," ujarnya di rest area pintu masuk Jembatan Suramadu wilayah Bangkalan, Minggu (29/3/2020) siang.

Penyemprotan itu dilakukan secara manual oleh tim gabungan TNI-Polri dari jajaran anggota Korem 084/Bhaskara Jaya dan Polresta Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, di pintu masuk jembatan di kawasan Kenjeran.

Kemudian, di pintu keluar jembatan kawasan Bangkalan, penyemprotan juga dilakukan oleh petugas gabungan dari Kodim 0829 Bangkalan dan Polres Bangkalan.

Hari ini, 2 Perjalanan Kereta Api Tujuan Malang-Jakarta PP Resmi Dibatalkan

UPDATE CORONA di Jatim Minggu 29 Maret, 13 Wilayah Zona Merah, 2 PDP di Sidoarjo Meninggal

Nafa Urbach Geram Ada 1 Keluarga Demam setelah Nekat Mandikan Jenazah Covid-19: Masih Pada Ngeyel?

"Dapat laporan Kapolres dan Bupati Bangkalan ternyata di Terminal Bangkalan juga sudah dilakukan," tuturnya.

Sementara itu, Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi mengungkapkan, protokol pencegahan Covid-19 itu bakal di permudah dengan penerapan bilik disinfektan drive thru.

Bilik tersebut, ungkap Wisnoe, bakal dipasang di kedua pintu jembatan. Gunanya, penyemprotan cairan disinfektan dapat diterapkan secara efektif dan efisien, terhadap setiap kendaraan yang akan keluar ataupun masuk Bangkalan, Madura.

"Dari Surabaya dipasang di pintu masuk di tol sana. Kemudian yang dari Madura di sini. Instalasinya," terang Wisnoe.

Tak cuma sekedar disemprot, lanjut Wisnoe, para pengendara juga bakal diperiksa suhu tubuhnya menggunakan Thermometer Infrared.

Bilamana ketahuan kondisi suhu tubuh tinggi, disertai demam dan beberapa gejala kesehatan lainnya, petugas bakal melakukan pemeriksaan medis pada pihak yang bersangkutan.

"Akan turun, mereka akan disemprot. Kemudian ada alat thermal gun akan dicek," tuturnya.

Disinggung mengenai wacana penutupan akses Pulau Madura yang santer terdengar beberapa hari kemarin, Wisnoe secara tegas membantahnya.

"Tidak ada lockdown, yang ada untuk pengendalian. Baik itu kendaraan, baik itu personel akan diberikan disinfektan. Jika memperkecil kemungkinan virus corona yang menempel di kendaraan," pungkasnya.

Penulis: Luhur Pambudi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved