Virus Corona di Jember

Pemeriksaan Orang di Pintu Masuk Jember, Petugas Temukan Orang Bersuhu Tubuh Tinggi

Petugas yang melakukan skrining di pintu masuk Jember menemukan sejumlah orang yang bersuhu badan di atas 38 derajat celcius.

sri wahyunik/surya
Polsek Sumberbaru - Petugas melakukan skrining kepada pelintas di pintu perbatasan Sumberbaru yang menghubungkan Jember - Lumajang 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Petugas yang melakukan skrining di pintu masuk Jember menemukan sejumlah orang yang bersuhu badan di atas 38 derajat celcius.

Mereka yang bersuhu badan di atas 38 derajat celcius didata. Mereka disarankan melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Pemeriksaan terhadap orang yang masuk ke Jember itu dilakukan di lima pintu masuk. Kelima pintu masuk itu dilengkapi dengan posko kesehatan dan pemeriksaan. Kelima pintu masuk itu adalah Sumberbaru, Jombang, Silo, Sukowono, dan Jelbuk.

Sumberbaru merupakan perbatasan Kabupaten Jember dan Lumajang di sisi barat. Jalur ini menjadi jalur utama masuk dan keluarnya arus lalu lintas Jember - Lumajang - Probolinggo - Surabaya. Sedangkan perbatasan Jombang menghubungkan Jember dan Lumajang di sisi barat - selatan.

Sementara itu, Silo menghubungkan Jember dan Kabupaten Banyuwangi, berlanjut ke Bali. Jalur ini juga jalur nasional yang berada di sisi timur Jember. Sedangkan di sisi utara ada posko Sukowono dan Jelbuk. Kedua pintu masuk ini menghubungkan Jember dengan Kabupaten Bondowoso berlanjut Situbondo.

Prediksi Wabah Virus Corona Berakhir di Indonesia menurut Pakar Statistik, Hasilnya Optimistis

UPDATE CORONA di Dunia Rabu 1 April, Italia Angka Kematian Tertinggi, Persentase Kesembuhan 81

Aksi Nyaris Bentrok Polisi & Warga Blitar saat Keluar Hutan, Fakta Dikuak dari Gergaji Tebang Kayu

Sejak Selasa (31/3/2020) pagi, skrining orang masuk melalui lima perbatasan itu sudah mulai dilakukan. Pemeriksaan dilakukan selama 24 jam.

Seperti yang terlihat di posko perbatasan Sumberbaru. Pada pemeriksaan Rabu (1/4/2020), hanya dalam waktu sekitar dua jam, misalnya, ada ratusan kendaraan yang dihentikan. Kendaraan yang dihentikan yakni berupa mobil pribadi, sepeda motor, mobil bak terbuka, truk, bus, juga mobil box.

Penumpang dari ratusan kendaraan tersebut diperiksa. Pemeriksaan awal adalah pemeriksaan suhu tubuh. Jika petugas menemukan ada warga yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat celcius, maka orang tersebut diminta turun dari kendaraan. Jika dia adalah penumpang kendaraan umum, seperti bus, maka sopir diminta untuk menunggu secara baik-baik.

Pada pemeriksaan di Sumberbaru pada Rabu (1/4/2020), petugas menemukan empat orang bersuhu tubuh di atas 38 derajat celcius. Petugas lantas menanyai mereka, termasuk riwayat perjalanan selama beberapa hari terakhir (diwaspadai terutama dari zona merah Covid-19), dan juga memeriksa apakah ada gejala batuk pilek. Keempat orang yang kemudian didata itu, diminta untuk melakukan isolasi secara mandiri di rumah masing-masing.

Petugas juga memasang gelang tanda orang dalam risiko (ODR), dan orang dalam pemantauan (ODP). Petugas kesehatan yang menentukan apakah mereka masuk ODR atau ODP.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved